//

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang USTI NESFIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nesfia, Usti. 2016. Analisis Kmampuan Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Ir. Johan Yusuf, SE., M. Si. (2) Dra. Tuti Zubaidah, M. Pd. Kata Kunci : Kemampuan, penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dan dalam penyelesaiannya siswa masih melakukan beberapa kesalahan. Hal ini membuat dampak yang tidak baik terhadap kemampaun siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel. Terkait dengan hal tersebut, maka dibutuhkan suatu analisis terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel agar guru dapat mengetahui kelemahan siswa dalam menyelesaikannya, sehingga guru dapat memperbaiki rencana dan kegiatan pembelajaran selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh, dan (2) untuk mengetahui metode penyelesaian yang paling banyak digunakan siswa dari tiga metode dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh, sedangkan sampel diambil siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 8 Banda Aceh sebanyak 20 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Setelah seluruh data terkumpul, lalu diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (α ) = 0,05. Hasil penelitian di dapat nilai thitung>ttabel atau 2,29 > 1.73, sehingga H_o ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa “kemampuan siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh sudah baik. Dan metode penyelesaian yang paling banyak digunakan siswa dari tiga metode dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh adalah metode eliminasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OTENTIKRNDALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABELRNKELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Marchilla Ramadhana Murni, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL POLYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (ANGGUN SUCI SYAFITRI, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BENTUK SOAL CERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Parni, 2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LABUHAN HAJI TIMUR (SARAH FEBRIANI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy