//

ANALISIS RELASI PATRON KLIEN PADA PEMILIHAN KEUCHIK TAHUN 2015 DI GAMPONG KOTA PALAK KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI ERLITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Gampong Kota Palak merupakan Gampong yang mengadakan pemilihan keuchik secara langsung, tetapi masih terdapat kecurangan antara salah satu calon keuchik dengan ketua Panitia Pemilihan Keuchik yang terjadi pada saat pemilihan. Sehingga bakal calon keuchik yang tidak memiliki ijazah SLTP/Sederajat yang sesuai dengan Qanun Aceh No.4 Tahun 2009, dilewatkan tanpa mempublikasikan berkas calon keuchik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola relasi patron klien dan dampak patron klien terhadap demokrasi di Gampong Kota Palak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian lapangan dan kepustakaan. Penelitian lapangan dilakukan melalui wawancara informan dan dokumen-dokumen penting dari Gampong Kota Palak. Sedangkan penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca buku teks, peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan bacaan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua pola relasi patron klien, pertama adanya money politic memberikan uang oleh salah satu calon keuchik kepada masyarakat, serta mengancam masyarakat untuk memilih calon keuchik yang diusung. Kedua, adanya hubungan kekerabatan antara ketua P2K dengan salah satu calon keucik dengan melewatkan berkas calon keuchik yang tidak lengkap, serta dampak patron klien terhadap demokrasi di Gampong kota Palak tidak adanya kompetisi antar kedua calon keucik, tidak adanya partisipasi, dan tidak adanya kebebasan politik dan sipil, sehingga berdampak pada kekosongan jabatan keuchik yang menyebabkan kesulitan bagi masyarakat untuk mengurus surat menyurat dan lain-lain. Adapun kesimpulannya yaitu terdapat pola relasi patron klien dan terdapat hubungan kekerabatan antara ketua P2K dengan salah satu calon keuchik yang berdampak terhadap demokrasi, sehingga demokrasi di Gampong Kota Palak tidak berfungsi, serta tidak ada kompetisi, partisipasi, kebebasan politik dan sipil. Sarannya kepada ketua Panitia Pemilihan keuchik agar professional , Panitia pemilihan keuchik agar lebih teliti dalam memeriksa berkas dari bakal calon keuchik. Kata Kunci : Patron Klien dan Demokrasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPOSISI EPIFAUNA BERDASARKAN SUBSTRAT DASAR PERAIRAN DI KAWASAN PESISIR KECAMATAN TAPAKTUAN DAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN (Gita viadanti . A, 2015)

PERBEDAAN KEMAMPUAN PERMAINAN BOLA VOLI ANTARA SMA NEGERI 1 MEUKEK DENGAN SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (yusferizal, 2014)

PERKEMBANGAN ORGANISASI MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN, 1937-2014 (Eltaqwim Sastrawati, 2015)

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH SISWA DI SMP TARBIYAH LABUHAN HAJI ACEH SELATAN (Warsiah Amrah, 2013)

FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG ORANG TUA MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PESANTREN DARUSSALAM KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN (SUATU PENELITIAN DI DESA PANTE PIRAK KECAMATAN MANGGENG) (Qasnur Risa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy