//

HUBUNGAN IDENTITAS DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA PRODUK FASHION ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA PDPK UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH )

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDA YULIS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku membeli dan menggunakan barang secara berlebihan yang berdasarkan hasrat dan keinginan semata bukan berdasarkan kebutuhan yang mendesak melainkan penggunaan segala hal yang paling mewah yang memberikan kepuasan dan kenyamanan fisik. Perilaku konsumtif memiliki hubungan dengan identitas diri. Identitas diri merupakan tingkah laku sosial seseorang yang dipengaruhi oleh pengetahuan tentang siapa dirinya berdasarkan penilaian, pengetahuan, keberartian dan kemampuan yang ada pada aktor. Aktor disini adalah mahasiswa yang merupakan kelompok remaja akhir yang masih labil dan belum kongkrit dalam mengambil keputusan untuk membelanjakan uangnya. Remaja mempresentasikan diri mereka melalui penampilan, oleh karena itu produk fashion yang meliputi pakaian, kosmetik dan aksesoris merupakan hal penting bagi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara identitas diri mahasiswa dengan perilaku konsumtif pada produk fashion. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan analisis spearman rho, responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa PDPK (DIII Kesekretariatan) angkatan 2013, 2014 dan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh sebanyak 68 ( enam puluh delapan ) orang mahasiswa. Responden ini diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori perilaku konsumtif Jean Baudrillard. Hasil analisis deskriptif data sebesar 58,8% mahasiswa memiliki identitas diri dalam kategori sedang dan sebesar 60,3 % mahasiswa memiliki perilaku konsumtif yang sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang negatif signifikan antara identitas diri mahasiswa dengan perilaku konsumtif pada produk fashion dengan rhitung sebesar -0,223 dan hasil taraf signifikan 0,068>0,05. Kata Kunci: Identitas Diri, Perilaku Konsumtif, dan Mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA DITINJAU BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Zainab Maryati, 2015)

HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEMBELI BARANG MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA UNSYIAH (Syaufatun Nisa, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PERLINDUNGAN DIRI (APD) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (ELVIA MALBENI, 2014)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA PRIA METROSEKSUAL DI BANDA ACEH (Izmi Fachrunizza, 2015)

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA ANGKATAN 2012, 2013, DAN 2014 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Navizatur Rahmi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy