//

KEDUDUKAN DAN FUNGSI KEUJRUEN BLANG DALAM PENGELOLAAN PERTANIAN DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang andri kiawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ANDRI KIAWAN, KEDUDUKAN DAN FUNGSI KEUJREUN BLANG 2016 DALAM PENGELOLAAN PERTANIAN DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (iv,51),. pp,. bibl. (M. Zuhri, S.H., M.H.) Pasal 4 Peraturan Gubernur Aceh No. 45 Tahun 2015 tentang Peran Keujreun Blang dalam Pengelolaan Irigasi menentukan bahwa “Keujreun Blang merupakan dalam kenyataannya Kewenangan dan fungsi Keujreun Blang Kecamatan Darussalam belum sepenuhnya berjalan sebagaimana mestinya, yang dikarnakan belum mengetahui fungsinya secara jelas seperti yang terdapat dalam Pergub. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan kedudukan dan fungsi keujreun blang dalam pengelolaan pertanian, kendala yang dihadapi keujreun blang dan faktor penyebab timbulnya kendala dalam pelaksanaan fungsi dan wewenangnya serta upaya yang ditempuh guna mengatasi hambatan dalam menjalankan fungsi dan kewenangannya. Untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data yang bersifat teoritis, sedangkan penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer melalui wawancara dengan responden dan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedudukan dan fungsi keujreun blang dalam pengelolaan pertania di kecamatan Darussalam belum berjalan maksimal, masih berdasarkan pengalaman dan kebiasaan Keujreun Blang terdahulu, koordinasi dan tugas Keujreun Blang juga tidak jelas dengan dinas pengairan dan dalam menyelesaikan sengketa yang terjadi akibat pemamfaatan air antar petani masih diselesaikan oleh Geuchik dikantor Desa. Kendala yang menghambat pelaksanaan kedudukan dan fungsi Keujreun Blang adalah Keujreun Blang tidak mengetahui tugas dan fungsinya secara jelas seperti yang telah ditetapkan dalam Pergub Aceh No. 45 Tahun 2015, bahkan ada Keujreun Blang yang tidak bisa menulis dan membaca serta kurangnya hubungan dan pemberdayaan yang dilakukan oleh Dinas Pengairan dan Keujreun Blang tidak mendapatkan jeurih dari pemerintah atas pekerjaannya. Upaya yang dilakukan Keujreun Blang yang ada di Kecamatan Darussalam adalah penataan tugas dan fungsi Keujreun Blang dengan cara musyawarah dan mufakat, sosialisasi dan pemberdayaan Keujreun Blang oleh dinas pengairan, Sehingga dalam pelaksanaan fungsi dan tugas mendapatkan hasil yang lebih baik. Disarankan kepada Keujreun Blang agar dapat mengusulkan dana Jeurih kepada Bupati agar keujreun blang dapat bekerja intensif sehingga fungsinya terealisasi. Disarankan kepada masyarakat petani di Kecamatan Darussalam dalam memilih keujreun blang perlu dilakukan seleksi yang baik lagi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEDUDUKAN DAN FUNGSI KEUJRUEN BLANG DALAM PENGELOLAAN PERTANIAN DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (andri kiawan, 2016)

STRATEGI PENINGKATAN PEMANFAATAN LEMBAGA ADAT KEUJRUEN BLANG/GABUNGAN PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (GP3A) DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI PADI DI KABUPATEN PIDIE (Rahmat Fadhillah, 2018)

ANALISIS PENYIMPANGAN LUAS LAHAN SAWAH IRIGASI SECARA SPASIAL DALAM BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rahayu Ansya Fitri, 2017)

EFEKTIVITAS FUNGSI LEMBAGA ADAT KEUJREUN BLANG DALAM PENGELOLAAN AIR IRIGASI DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (Eka Maulida, 2018)

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN NON PERTANIAN DI KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (EKY SULAIKA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy