//

PENGARUH PERILAKU ADAPTIVE HELP-SEEKING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Rahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmi, Nurul. 2016. Pengaruh Perilaku Adaptive Help-Seeking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Ellianti, M.Pd., (2) Drs. M. Hasbi, M.Pd. Kata Kunci: Perilaku, Adaptive, Help-Seeking, Hasil Belajar. Matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan. Hal ini terlihat dari penggunaan matematika di setiap aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sangat ironis jika kita lihat banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika yang mengakibatkan tidak tercapainya hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, upaya yang dapat dilakukan siswa salah satunya yakni meminta bantuan akademik kepada orang lain baik guru maupun temannya dengan berperilaku adaptive help-seeking. Perilaku adaptive help-seeking adalah perilaku meminta bantuan akademik ketika membutuhkan dan bantuan yang diminta berupa proses bukan hasil. Oleh karena itu peneliti membuat penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perilaku adaptive help-seeking siswa dan besarnya pengaruh perilaku adaptive help-seeking terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berupa penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh, sedangkan sampelnya kelas VIII-1 yang terdiri dari 27 siswa. Data dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh berperilaku adaptive help-seeking pada kategori yang rata-ratanya baik. Hal ini terlihat dari 70,37% siswa berperilaku adaptive help-seeking pada kategori baik, 22,22% pada kategori sangat baik dan 7,4% pada kategori cukup. Perilaku adaptive help-seeking memberi pengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh yakni sebesar 51%. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku adaptive help-seeking memberi kontribusi sebesar 51% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh, sedangkan 49% lagi dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU ADAPTIVE HELP-SEEKING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Wiana Indar Utami, 2018)

PENGARUH PERILAKU ADAPTIVE HELP-SEEKING TERHADAP RNHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMAN 10 RNFAJAR HARAPAN TAHUN AJARAN 2014/2015 (ISMI MUSDALIPAH, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH (Zulfina, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.