//

ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMASANGAN PLAFON PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fadhil Fakhrizal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Minimnya informasi nilai produktivitas tenaga kerja pekerjaan pemasangan plafon untuk wilayah Aceh, peneliti disini mencoba melakukan penelitian pada Proyek Pembangunan Gedung Pusat Administrasi Fakultas Teknik Univesitas Syiah Kuala. Penelitian tentang produktivitas tenaga kerja pekerjaan pemasangan plafon yang berdasarkan item-item pekerjaan dari standar atau acuan yang berlaku masih minim khususnya di wilayah Aceh. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah berapa nilai produktivitas tenaga kerja dan berapa nilai koefisien requirement pekerjaan pemasangan plafon pada proyek tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui nilai produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pemasangan plafon pada proyek tersebut. Setelah diketahui nilai produktivitas, nilai tersebut akan didapatkan nilai koefisien requirement tenaga kerja berdasarkan produktivitas. Ruang lingkup penelitian ini dilakukan khusus pada pekerjaan pemasangan plafon pada Proyek Pembangunan Gedung Pusat Administrasi Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Metode pengukuran menggunakan metode time study. Data yang diperlukan adalah data primer yaitu waktu efektif, jumlah tenaga kerja dan jumlah volume terpasang berdasarkan pengamatan di lapangan, kemudian data sekunder yaitu gambar rencana dan data pendukung lain dari kontraktor pelaksana. Tenaga kerja yang digunakan untuk pekerjaan pemasangan plafon adalah 1 orang pekerja dan 1 orang tukang. Hasil penelitian menunjukkan produktivitas masing-masing tenaga kerja setiap sub pekerjaan pemasangan plafon dari pengamatan lapangan adalah sama, yaitu 141,986 m2/hari untuk sub pekerjaan rangka, 199,071 m2/hari untuk pekerjaan papan gypsum, dan 405,150 untuk pekerjaan nat. Nilai koefisien requirement, sub pekerjaan rangka sebesar 0,450 OH pekerja dan 0,450 OH tukang, sub pekerjaan papan gypsum sebesar 0,321 OH pekerja dan 0,321 OH tukang, serta sub pekerjaan pengenatan sebesar 0,158 OH pekerja dan 0,158 OH tukang. Nilai produktivitas dan koefisien requirement yang terjadi adalah sama antara tukang dan pekerja disebabkan karena tenaga kerja berjumlah sama. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk meneliti pada lingkup yang lebih luas dan di beberapa lokasi proyek, sehingga dapat dijadikan suatu hasil yang lebih akurat. Kata kunci: plafon, produktivitas, time study, gedung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PENGECATAN DINDING PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MUHAMMAD FADHIL, 2016)

ANALISA PRODUKTIVITAS PEKERJAAAN PEMASANGAN GRANIT UNTUK LANTAI PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Muhammad Azhar, 2016)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEKERJAAN RINGBALK PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ridha Rizki, 2015)

ANALISIS PRODUKHTIVITAS PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA MERAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anshar Maulizar CA, 2016)

KAJIAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN BALOK BETON BERTULANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUANG PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (muharizal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy