//

PENGEMBANGAN PROGRAM PENGHITUNGAN LUAS TANAH DENGAN METODE POLIGON DAN INTEGRASI NUMERIK POLINOMIAL BERBASIS KOORDINAT GPS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Said Muhammad Shadiq - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tanah merupakan suatu sumber daya alam berupa ruang yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas kehidupan. Pengukuran luas tanah selalu mengandung ketidakpastian, dimana semakin berkembangnya teknologi dalam bidang pengukuran luas tanah hanya meminimalisir kesalahan dan tidak dapat menghilangkan kesalahan dalam pengukuran luas tanah. Metode poligon adalah salah satu metode untuk menghitung luas tanah menggunakan data berupa titik koordinat, dimana unsur kelengkungan permukaan bumi diabaikan untuk menghitung luas suatu daerah. Integrasi numerik polinomial dapat digunakan untuk menghitung luas suatu area, tidak terlepas dari interpolasi, dimana interpolasi dapat menjadikan data titik koordinat menjadi suatu fungsi yang dapat diintegrasikan sehingga didapatkan hasil luasan dari suatu area. Kedua metode digunakan untuk menghitung luas area Universitas Syiah Kuala, Kantor Gubernur Aceh, dan Komplek Panteriek. Hasil penghitungan yang dihasilkan dibandingkan untuk mengetahui metode terbaik dalam penghitugan luas dengan banyak data dan kondisi data yang terbatas. Dari hasil penghitungan luas tanah Komplek Panteriek menggunakan integrasi numerik polinomial lebih baik dibandingkan dengan metode poligon, dikarenakan penentuan titik pada area komplek panteriek memiliki jarak tertentu antara titik satu dan titik selanjutnya, dan tidak terdapat dua titik y dalam satu nilai x. Kata kunci : Pengukuran luas, Metode poligon, Integrasi Numerik, Interpolasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERPOLASI POLINOMIAL UNTUK MENGANALISIS ALTERNATIF JALUR PEMBANGUNAN JALAN DARI SIMPANG TIGA REDELONG MENUJU TAKENGON (Irmansyah, 2017)

KAJIAN MATEMATIKA SEGIENAM SARANG LEBAH (Mutia Sari, 2014)

STUDI PEMBUATAN GRAFIK BENTUK - BENTUK ARTISTIK DENGAN KOORDINAT KUTUB (wenny herliana, 2016)

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 TANAH PASIR KABUPATEN ACEH UTARA (Sitti Radhiah, 2014)

PEMETAAN ACCESS POINT DENGAN ALGORITMA TRILATERASI DI FAKULTAS TEKNIK UNSYIAH (Murlaini, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy