//

DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Inda Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sari, Putri, Inda. 2016. Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Materi Aljabar di kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Salasi R., M.Pd., (2) Drs. Budiman, M.Si Kata Kunci: Diagnosis Kesulitan, Aljabar Matematika memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Matematika selalu diperlukan oleh semua bidang ilmu pengetahuan lainnya, karena matematika selalu digunakan dalam segala segi kehidupan manusia. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah materi Aljabar, yang diajarkan kepada siswa kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh semester 2. Namun, para siswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar. Pada kesempatan ini, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Materi Aljabar di kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dan upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis jawaban siswa tentang kesulitan yang dihadapi adalah tes essay. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMPN 1 Banda Aceh masih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar. Dari 30 orang siswa yang diteliti, 5 yang dikategorikan menguasai materi aljabar. Kesulitan yang dialami siswa tersebut berupa: 1) Kesulitan dalam mengenali unsur-unsur bentuk aljabar; 2) Kesulitan dalam operasi hitung pada bentuk aljabar; 3) Kesulitan dalam pemfaktoran bentuk aljabar; 4) Kesulitan dalam operasi hitung pada pecahan bentuk aljabar. Alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memecahkan masalah pada materi aljabar yaitu pengajaran remedial, pengayaan dan latihan-latihan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014)

KESULITAN SISWA DALAM PENYEDERHANAAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ELLA SEPTIANA, 2015)

HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Irwitadia Hasibuan, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.