//

RISIKO EKSTERNAL PADA PELAKSANA PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarafina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Proyek konstruksi tidak terlepas dari kemungkinan terjadinya risiko yang dapat berimplikasi pada pencapaian sasaran proyek. Risiko merupakan peluang terjadinya kejadian yang merugikan akibat adanya ketidakpastian. Faktor risiko pada sebuah proyek konstruksi dapat berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal. Pada faktor eksternal, risiko bersumber dari luar proyek dan berada di luar kendali pengelola proyek. Berbagai usaha dilakukan oleh penyedia jasa untuk dapat menghindari atau mengurangi risiko yang terjadi. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan mengenali faktor dan variabel yang menjadi sumber risiko dan seberapa besar kemungkinan terjadinya pada sebuah proyek. Terkait dengan kondisi di Provinsi Aceh, dalam kurun waktu 15 tahun terakhir mengalami periode konflik bersenjata (2000-2004), rehabilitasi dan rekonstruksi setelah bencana gempa dan tsunami (2005-2009), serta pembangunan pasca rehabilitasi dan rekonstruksi (2010-2016). Diperlukan sebuah kajian yang secara spesifik untuk mengidentifikasi pengaruh risiko. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor serta variabel risiko yang berasal dari eksternal proyek, sekaligus melihat ada atau tidak adanya pengaruh dari faktor serta variabel pada 3 periode tersebut. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kuisioner yang berisikan faktor serta variabel terkait sosial politik, kebijakan pemerintah, bencana alam, dan moneter. Hasil penelitian yang diperoleh dari 15 responden pelaksana konstruksi di Provinsi Aceh berkualifikasi besar menunjukkan 5 variabel yang berpengaruh di 3 periode yaitu kenaikan harga BBM, keadaan cuaca tidak menentu, kondisi budaya dan adat istiadat masyarakat sekitar lokasi proyek, perubahan/pembaruan kebijakan pemerintah menyebabkan terhentinya proyek, dan perubahan metode konstruksi. Angka penilaian variabel tertinggi dari analisis Frequency Index (FI) sebesar 0,853. Variabel tersebut berasal dari aspek sosial politik yaitu masalah sosial (lingkungan sekitar). Faktor dominan yang diperoleh berasal dari faktor sosial politik, kebijakan pemerintah, dan bencana alam. Analysis of Varians didapatkan adanya pengaruh variabel-variabel risiko eksternal dan 3 periode tinjuan terhadap kemungkinan / peluang terjadinya. Kata kunci : risiko, eksternal, pelaksana proyek, konstruksi, Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS RISIKO PENAWARAN UNDERESTIMATE COST TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI PROVINSI ACEH (Hamdani, 2016)

IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BANDA ACEH MADANI EDUCATION CENTER (Arif Fadhillah, 2017)

ANALISIS DAMPAK RISIKO TERHADAP BIAYA KONSTRUKSI BAGI KONTRAKTOR PELAKSANA PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (MUTIA OKTAVIATI, 2017)

RISIKO FINANSIAL DAN METODE KONSTRUKSI PADA KONTRAKTOR PELAKSANA KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Husna Amalia, 2016)

KAJIAN DAMPAK RISIKO TERHADAP BIAYA PROYEK KONSTRUKSI PADA PERUSAHAAN KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Riza Sachfan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy