//

UJI SISTEM PENGERINGAN BIJI KAKAO MENGUNAKAN HIBRID ENERGI BERUPA ENERGI MATAHARI DAN BAHAN BAKAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Saputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan unggulan di Indonesia, khususnya di Provinsi Aceh kakao merupakan komoditas perkebunan yang sangat menjanjikan dari segi ekonomi. Untuk meningkatkan harga jual kakao diperlukan proses pengeringan, pengeringan bertujuaan untuk mengurangi kadar air yang terdapat pada biji kakao, karena jika kadar air biji kakao melebihi dari yang diizinkan (SNI) yaitu 7-8 %, maka akan terjadinya aktifitas mikroorganisme pembusuk didalam biji kakao sehingga biji kakao tidak baik untuk dikonsumsi. Pengeringan dengan sistem Hibrid merupakan salah satu alternatif. Metode pengujian hibrid dilakukan dengan 2 variasi yaitu pengeringan dengan memanfaatkan energi matahari dan kemudian diteruskan dengan bahan bakar berupa gas elpiji (Hibrid I) dan metode Hibrid II yang memanfaatkan energi matahari yang digabungkan langsung dangan bahan bakar. Dari hasil pengujian yang dilakukan, pengeringan biji kakao seberat 6 kg dengan metode Hibrid I diperoleh temperatur tertinggi ruang pengering berkisar 40 oC yang memanfaatkan energi matahari dan 52 oC dengan memanfaatan energi bahan bakar gas elpiji, energi yang digunakan seluruhnya adalah 84205 kJ yang membutuhkan waktu pengeringan selama 23 jam. Sedangkan pada metode Hibrid II yang mengabungkan antara energi matahari dan bahan bakar (elpiji), didapatkan temperatur tertinggi ruang pengering berkisar 60 oC dengan energi yang digunakan seluruhnya adalah 137197,25 kJ yang membutuhkan waktu pengeringan selama 14 jam. Kata kunci : Proses Pengeringan, Hibrid Energi, Biji Kakao dan Kadar Air

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PENYERAPAN PANAS PADA KOLEKTOR SURYA UNTUK PENGERINGAN BIJI KAKAO (SYAIKHUL AKBAR, 2013)

KAJIAN SISTEM PENGERINGAN IKAN DENGAN METODE HYBRID (ENERGI SURYA DAN ENERGI BAHAN BAKAR GAS) (Muhammad Hatta, 2018)

KAJIAN KARAKTERISTIK PERALATAN PENGERING HYBRID( ENERGI SURYA DAN GAS LPG ) UNTUK PENGERINGAN BIJI KAKAO (misswar abd, 2016)

KAJIAN PENGGUNAAN ENERGI BAHAN BAKAR UNTUK PROSES PENGERINGAN KEUMAMAH (Rahmat Rezal, 2016)

SIMULASI SISTEM HIBRID PEMBANGKIT ENERGI SURYA, ANGIN DAN GENERATOR UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMANFAATAN DAYA ENERGI TERBARUKAN (Hendrayana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy