//

KELAYAKAN LUAS KOLAM PELABUHAN PERIKANAN PANTAI LAMPULO KURUN WAKTU 10 TAHUN KEDEPAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muchraja Ilham - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pelabuhan Perikanan Pantai Lampulo (PPP, Tipe C) sedang dalam proses pembangunan guna mencapai target status Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS, Tipe A) dalam kurun waktu 10-20 tahun mendatang. Informasi ini tentu akan mendatangkan kapal berukuran besar (> 30 GT) untuk berdomisili di PPP Lampulo, walaupun saat ini di dominasi oleh kapal penangkap ikan berukuran 6-10 GT. Luas kolam pelabuhan merupakan fasilitas pokok yang menentukan daya tampung pelabuhan dan mempengaruhi kelancaran aktivitas bongkar muat hasil tangkapan di pelabuhan perikanan. Atas dasar ini dirasa perlu untuk meramalkan kelayakan luas kolam PPP Lampulo kurun waktu 10 tahun kedepan untuk menghadapi kenaikan jumlah kapal penangkap ikan berukuran > 30 GT sebagai persiapan pasca status PPS 20 tahun mendatang. Peramalan dilakukan terhadap jumlah kapal penangkap ikan menggunakan metode least square dan arus bongkar muat kapal menggunakan metode regresi linier sederhana, kapal yang diramalkan adalah kapal berukuran >30. Hasil ramalan 10 tahun mendatang terhadap objek peramalan kemudian diselaraskan dengan rumus panjang ideal dermaga dan rumus luas ideal kolam pelabuhan. Identifikasi terhadap luas kolam PPP Lampulo juga dilaksanakan sebagai pembanding antara kebutuhan luas kolam pelabuhan hasil peramalan dengan luas kolam pelabuhan yang sudah dibangun saat ini. Hasil penelitian menyatakan domisili kapal penangkap ikan ukuran > 30 GT dalam kurun waktu 10 tahun mendatang di PPP Lampulo sebanyak 197 unit dan rata-rata perhari arus bongkar muat kapal ukuran > 30 GT dalam kurun waktu 10 tahun mendatang sebanyak 3-6 unit. Luas kolam PPP Lampulo yang sudah dibangun saat ini adalah 73 ha dengan panjang dermaga 600 m, sedangkan kebutuhan luas kolam pelabuhan berdasarkan hasil peramalan 10 tahun mendatang adalah 18 ha dengan panjang dermaga 1.624 m. Luas kolam PPP Lampulo dinyatakan layak mengingat dermaga yang masih belum selesai dibangun. Atas dasar pembangunan kolam pelabuhan yang belum selesai, maka peneliti merekomendasikan sketsa pembangunan untuk PPP Lampulo sesuai dengan kemampuan peneliti.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINGKAT PEMANFAATAN FASILITAS POKOK DI PELABUHAN PERIKANAN LAMPULO BANDA ACEH (rosi rahayu, 2016)

PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA DI BANDA ACEH (Ade Setiawan, 2014)

TINGKAT EFISIENSI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH (Abdul Azis, 2018)

ANALISIS TRANSPORT SEDIMEN DARI PENGUKURAN BATIMETRI SEKITAR PPS LAMPULO, BANDA ACEH (RAHMAD ARIHTA, 2018)

STUDI KARAKTERISTIK SEDIMEN DASAR UNTUK POTENSI ANGKUTAN SEDIMEN DALAM KOLAM PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO (Suheil Rinanda, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy