//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang masyithah - Personal Name
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masyithah. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar di kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Bainuddin Yani S, M.S., M.Pd., (2) Dra. Yuhasriati, M.Pd. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Bangun Ruang Sisi Datar, Hasil Belajar Mengajar Materi bangun ruang sisi datar pada mata pelajaran matematika merupakan salah satu materi yang dirasa sulit oleh siswa. Hal ini dikarenakan sebagian besar siswa menghafal rumus-rumus tanpa memahami materi pembelajaran tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Pada pembelajaran ini anak didik akan dihadapkan pada sebuah masalah yang dekat dengan kehidupan mereka. Sehingga anak didik mengetahui tujuan langsung dari pembelajaran yang akan dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL). Hasil belajar siswa yang didapat dengan model Problem Based Learning (PBL) diperbandingkan terhadap nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pelajaran matematika di sekolah tersebut, yaitu sebesar 70. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 17 orang siswa dari kelas VIII-6 yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat tes, berupa tes uraian dengan jumlah soal lima butir, masing-masing tiga soal pada tingkat kognitif C3 (aplikasi), satu soal pada tingkat kognitif C4 (analisis), dan satu soal pada tingkat psikomotorik (keterampilan). Berdasarkan evaluasi pada pertemuan terakhir diperoleh nilai rata-rata siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) adalah 76,1 dengan simpangan baku 10,5. Pada pengujian hipotesis, digunakan pengujian uji-t pihak kanan, dengan taraf signifikan α=0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh melebihi nilai KKM. Proses pembelajaran berlangsung dengan semangat. Siswa mampu mengerjakan LKS dan soal evaluasi dengan baik dimana guru berperan dalam mengontrol, membimbing serta menyesuaikan terhadap kondisi siswa dan kendala yang mungkin muncul selama proses pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)

PENGGUNAAN SOFTWARE CABRI 3D PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH (Onas Rahman, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 MONTASIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nova Miranda, 2016)

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Cut Mawaddatawwarahmah, 2016)

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Cut Mawaddatawwarahmah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy