//

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN PADA PRIMIGRAVIDA DENGAN MULTIGRAVIDA MENJELANG PERSALINAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elfiani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kecemasan merupakan suatu reaksi normal terhadap situasi yang sangat menekan kehidupan seseorang dan dapat menimpa setiap orang pada waktu tertentu yang biasanya berlangsung tidak lama. Kecemasan yang terjadi menjelang persalinan pada kehamilan primigravida maupun multigravida dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perubahan fisik, psikologis saat hamil, serta belum adanya pengalaman hamil dan melahirkan sebelumnya. Kecemasan yang berlebihan menyebabkan pembentukan katekolamin sehingga dapat memperlambat proses persalinan dan meningkatkan rasa nyeri saat persalinan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan pada primigravida dengan multigravida menjelang persalinan. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan RSUDZA Banda Aceh sejak 30 Oktober sampai dengan 19 Desember 2013. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 orang ibu hamil yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis data dilakukan secara bertahap meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square. Berdasarkan hasil uji statistik dengan chi-square menunjukkan nilai probabilitas p=0,000 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN PADA PRIMIGRAVIDA DENGAN MULTIGRAVIDA RNMENJELANG PERSALINAN DI RSUD RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Elfiani, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PERSALINAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI PERSALINAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI POLIKLINIK KEBIDAANAN DAN KANDUNGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Irma Suryani, 2013)

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TENTANG PERSIAPAN PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Popi Lya Destari, 2014)

PERBEDAAN DERAJAT NYERI PUNGGUNG BAWAH DAN TINGKAT DISABILITAS PADA IBU PASCA PERSALINAN PERVAGINAM DAN SECTIO CESAREA (Ori Janu Perma, 2016)

HUBUNGAN USIA IBU, TINGGI BADAN, BMI SEBELUM PERSALINAN, TFU DAN BERAT LAHIR BAYI TERHADAP KEJADIAN SEKSIO SESAREA RNKARENA CEPHALOPELVIC RNDISPROPORTION (Izza Chairani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy