//

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA YANG DOMINAN TERHADAP KINERJA BIAYA PROYEK KONSTRUKSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zuananda Azami - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tenaga kerja dan biaya merupakan hal berhubungan dalam pelaksanaan proyek. Tenaga kerja yang memiliki tingkat produktivitas yang baik akan menguntungkan proyek karena dapat mereduksi biaya proyek begitu juga sebaliknya. Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja yaitu perencanaan yang kurang baik, pengulangan pekerjaan, dan lain-lain. Produktivitas tenaga kerja merupakan faktor yang berdampak langsung terhadap keberhasilan proyek khususnya dalam persoalan biaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor produktivitas tenaga kerja yang berpengaruh terhadap biaya proyek di Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 35 kontraktor kelas menengah (M1 atau M2) yang berkantor di Kota Banda Aceh. Perusahaan yang dipilih adalah perusahaan yang pernah menangani proyek gedung atau proyek jalan dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Informasi yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor-faktor produktivitas tenaga kerja dominan yang berpengaruh terhadap biaya proyek. Pengolahan data dilakukan dengan analisis reliabilitas, analisis frekuensi, dan analisis relative importance index (RII). Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor produktivitas tenaga kerja yang berpengaruh terhadap biaya proyek berturut-turut dari nilai rata-rata RII tertinggi hingga yang terendah yaitu kategori/faktor dokumen proyek (RII = 0,933), kategori lingkungan (0,880), kategori material dan peralatan (0,878), kategori manajeman dan organisasi (0,854), dan kategori dengan nilai RII terendah ialah kategori internal tenaga kerja (0,839).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA YANG DOMINAN TERHADAP KINERJA BIAYA PROYEK KONSTRUKSI (Zuananda Azami, 2016)

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (ALHADY, 2017)

IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BANDA ACEH MADANI EDUCATION CENTER (Arif Fadhillah, 2017)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PONDASI (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL MURAYA BANDA ACEH) (Khairun Nisa, 2016)

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RISIKO WAKTU TERHADAP BIAYA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD TAUFIK, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy