//

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA YANG DOMINAN TERHADAP KINERJA WAKTU PROYEK KONSTRUKSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Musauwir - Personal Name

Abstrak/Catatan

Proyek konstruksi umumnya melibatkan lebih dari satu sumber daya. Sumber daya digunakan untuk mencapai tujuan proyek yang telah ditetapkan seperti menyelesaikan proyek tepat waktu. Salah satu sumber daya dalam proyek adalah sumber daya manusia, yaitu seluruh tenaga kerja yang terlibat dalam suatu rangkaian kegiatan proyek, namun sebuah pekerjaan apabila tidak didukung dengan tenaga kerja yang baik dalam hal produktivitas tidak akan memberikan hasil yang memuaskan dalam sebuah proyek. Beberapa faktor dari produktivitas tenaga kerja diantaranya adalah faktor pra-konstruksi, manajemen organisasi dan faktor lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor produktivitas tenaga kerja yang dominan terhadap kinerja waktu proyek konstruksi. Penelitian ini dibatasi di wilayah Kota Banda Aceh. Metode penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 35 perusahaan kontraktor dengan kualifikasi perusahaan kelas menengah (M1 dan M2) yang berkantor di Kota Banda Aceh dan pernah menangani proyek gedung atau proyek jalan dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Metode pengolahan data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan hasil ditampilkan dalam bentuk tabulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor dari produktivitas tenaga kerja yang dominan terhadap kinerja waktu proyek konstruksi. Berdasarkan hasil kuesioner, lima faktor produktivitas tenaga kerja yang diranking berdasarkan nilai rata-rata per kategori dari yang tertinggi ke yang terendah atau paling dominan terhadap kinerja waktu menurut jawaban responen adalah faktor dokumen proyek dengan nilai mean 4,493, faktor material dan peralatan (4,429), faktor lingkungan (4,429), faktor internal tenaga kerja (4,165), dan faktor manajemen dan organisasi (3,819).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA YANG DOMINAN TERHADAP KINERJA BIAYA PROYEK KONSTRUKSI (Zuananda Azami, 2016)

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (ALHADY, 2017)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PONDASI (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL MURAYA BANDA ACEH) (Khairun Nisa, 2016)

IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BANDA ACEH MADANI EDUCATION CENTER (Arif Fadhillah, 2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA MUTU PADA PROYEK KONSTRUKSI DI ACEH BESAR (Dian Fajriani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy