//

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X-IS 1 SMAN 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yusriadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: implementasi, pendekatan SAVI, kreativitas siswa, geografi Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) adalah suatu pembelajaran yang melibatkan alat indra dalam proses belajar mengajar. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor pada pembelajaran geografi melalui implementasi pendekatan SAVI. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 245 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-IS 1 yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre experimental design, dan dengan desain one-shot case study. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket, dan lembar observasi. Pengolahan data menggunakan statistik deskriptif persentase dan uji normal gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan SAVI dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor pada pembelajaran geografi. Rerata dari dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor mengalami peningkatan dari tahap I ke tahap II dan dari tahap II ke tahap III. Dimensi kognitif pada tahap I memperoleh nilai rata-rata sebesar 52%, tahap II 65%, dan tahap III 82%. Uji normal gain dimensi kognitif tahap I ke tahap II sebesar 0,271 dengan klasifikasi gain rendah, sedangkan tahap II ke tahap III sebesar 0,486 dengan klasifikasi gain sedang. Dimensi afektif pada tahap I memperoleh nilai rata-rata sebesar 70%, tahap II 73%, dan tahap III 76%. Uji normal gain dimensi afektif tahap I ke tahap II sebesar 0,100 dengan klasifikasi gain rendah, sedangkan tahap II ke tahap III sebesar 0,111 dengan klasifikasi gain rendah. Dimensi psikomotor pada tahap I memperoleh nilai rata-rata sebesar 53%,tahap II 57%, dan tahap III 83%. Uji normal gain dimensi psikomotor tahap I ke tahap II sebesar 0,085 dengan klasifikasi gain rendah, sedangkan tahap II ke tahap III sebesar 0,605 dengan klasifikasi gain sedang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI PENDEKATAN SAVI DI KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Debby Octavia, 2018)

PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Asmaul Husna, 2016)

PEMANFAATAN MEDIA VIDEO SISTEM GERAK DENGAN PENDEKATAN SOMATIK AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SAKTI (RIZKINA MANIK, 2015)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS CERITA RAKYAT MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (via masiratul khairiah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Mohd. Reza Pahlevi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy