//

CYBERBULLYING PADA JEJARING SOSIAL TWITTER (ANALISIS SEMIOTIKA TRENDING TOPIC)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yurnalita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Cyberbullying Pada Jejaring Sosial Twitter (Analisis Semiotika Trending Topic)”, yang bertujuan untuk mengetahui representasi makna cyberbullying pada trending topic dalam jejaring sosial Twitter. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori semiotika Roland Barthes berupa sinifikansi dua tahap yaitu denotasi dan konotasi hingga sampai ke tahap mitos. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada kondisi objek yang alamiah dimana peneliti sebagai instrument kunci dan hasil penelitian lebih menekankan makna generalisasi. Objek penelitian yakni makna denotasi, konotasi, serta mitos yang mengandung nilai cyberbullying pada trending topic dalam jejaring sosial Twitter. Data primer dikumpulkan melalui capture trending topic bulan Maret hingga Oktober dan data sekunder dikumpulkan melalui studi kepustakaan yang memiliki relevansi dengan penelitian peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat tweets cyberbullying dalam trending topic yang menjadi unit analisis peneliti, yaitu: tweets flaming, harassment, cyberstalking, dan denigration. Meskipun mitos pada cyberbullying tercermin dalam kecenderungan pada berbagai perilaku pengguna dalam mengikuti trending topic dan membuat postingan tweets, akan tetapi Twitter tetaplah media yang bebas nilai. Cyberbullying merupakan suatu tindakan kejahatan, sebaiknya para pengguna Twitter lebih bijak dalam menggunakan Twitter dan dapat memahami dampak yang bisa ditimbulkan dari tindakan tersebut sehingga pengguna Twitter dapat mengerti pentingnya menjaga etika dalam menggunakannya. Kata Kunci : Twitter, Trending Topic, Cyberbullying.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI DAN POLA INTERAKSI PENGGUNA ROLE PLAY TWITTER PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Iin Parlina, 2017)

MOBILISASI KEPEDULIAN KEMANUSIAAN MELALUI SOSIAL MEDIA (ANALISIS SOSIOLOGI TERHADAP AKUN TWITTER @ILOVEACEH) (Alfath Asmunda, 2015)

HUBUNGAN KONTROL SOSIAL SEKOLAH DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) DI KOTA BANDA ACEH (Ulia Zuhra, 2017)

PENGARUH MOTIVASI MENCARI INFORMASI SEBELUM MEMBELI TERHADAP SIKAP SOCIAL NETWORK ADVERTISING SERTA IMPLIKASINYA PADA PEMBELIAN MELALUI IKLAN KLIK DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Teuku Aryan Afra, 2016)

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN CYBERBULLYING PADA REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Rayyan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy