//

ANALISIS DATA METODE GRAVITASI DAERAH MANIFESTASI HIDROKARBON DI DESA ALUE PEUNO KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shafira Yuli Azana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian menggunakan metode geofisika dilakukan di desa Alue Peuno Kecamatan peusangan Kabupaten Bireun untuk mengetahui pola anomali Bouguer dan menginterpretasikan struktur bawah permukaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gravitasi. Metode gravitasi adalah salah satu metode geofisika yang dapat digunakan untuk mengetahui keadaan di bawah permukaan, metode gravitasi peka terhadap perubahan rapat masssa . Penelitian ini meliputi akuisisi data menggunakan alat CG5 autograv, pemrosesan data menggunakan software ms.excel,oasis montaj dan surfer dan interpretasi data secara kualitatif. Pengolahan data menghasilkan peta anomali Bouguer, peta regional dan peta residual. Anomali regional berasosiasi dengan frekuensi rendah dan anomali residual dengan frekuensi tinggi yang mengandung informasi anomali dangkal. Pemisahan anomali dilakukan dengan menggunakan low pass dan high pass filter. Berdasarkan perhitungan metode parasnis diperoleh sebesar 2,72 gr/m3, dari hasil penelitian diperoleh nilai anomali bouguer sebesar 95-106 mGal, anomali regional sebesar 102,65-103,5 dan anomali residual sebesar -8,5 sampai 2,5 mGal. Berdasarkan peta anomali Bouguer diperkirakan adanya patahan mikro hal ini dibuktikan dari manifestasi rembesan minyak dan gas yang ada dipermukaan. Untuk menyempurnakan penelitian ini, dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut dengan luasan area yang lebih luas. Kata Kunci : Anomali Bouguer, Amomali residual, Anomali regional , low pass filter, high pas filter

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL KEMISKINAN DI KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KREUNG KABUPATEN BIREUEN (Dessy Arianti, 2016)

INVESTIGASI REMBESAN HIDROKARBON DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDUCED POLARIZATION (IP) KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER DI DAERAH BIREUEN (Rahmat Syukran, 2016)

PRARANCANGAN PABRIK NATRIUM HIDROKSIDA DARI NATRIUM KLORIDA MENGGUNAKAN ELEKTROLISIS SEL DIAFRAGMA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 40.000 TON/TAHUN (NURUL ATIKA KHAIR, 2018)

PRARANCANGAN PABRIK NATRIUM HIDROKSIDA DARI NATRIUM KLORIDA MENGGUNAKAN ELEKTROLISIS SEL DIAFRAGMA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 40.000 TON/TAHUN (Cut Faradillasari, 2018)

ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI TEMBAKAU DI DESA MEURANDEH ALUE KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (Bustami, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy