//

MAKNA GANGGUAN JIWA(STUDIFENOMENOLOGIPADAKELUARGAPASIENSKHIZOFRENIADIRUMAHSAKITJIWA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khalida Zia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Gangguan jiwa (Mental Disorder) adalah pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya terkait dengan stres atau kelainan mental yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan normal manusia.Jumlah penderita gangguan jiwa terus menunjukkan peningkatan, salah satunya adalah skizoprenia.Skizoprenia merupakan penyakit gangguan jiwa berat yang pada umumnya dimanifestasikan dalam bentuk halusinasi, paranoid, keyakinan atau pikiran yang salah, tidak sesuai dengan dunia nyata.Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan bahwa penderita skizofrenia di Indonesia mencapai 1,7% per 1000. Prevalensi tertinggi berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Aceh yaitu 2,7%.Aceh termasuk daerah prevalensi tertinggi gangguan jiwa di Indonesia, karena Aceh merupakan daerah pasca konflik yang berlangsung selama 32 tahun danjuga terkenal dengan penggunaan NAPZA. Ditambah lagi Aceh juga pernah mengalami bencana yang maha dahsyat yaitu Tsunami pada tahun 2004 silam. Faktor inilah yang membuat masyarakat Aceh mengalami trauma berkepanjangan dan sangat berisiko mengalami gangguan jiwa.Untuk menganalisa permasalahan tersebut maka digunakan teori fenomenologi Alfred Schutz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Lokasi penelitian dilakukan diPoli Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Aceh. Dengan informan adalah lima orang keluarga yang dipilih secara pusposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna gangguan jiwa berat atau skizofrenia bagi keluarga pasien dipengaruhi oleh factor penyebabnya. Berdasarkan temuan penelitian, factor itu terbagi dua yaitu genetika dan sosio kultural. Faktor genetika mendapat pemaknaan yang lebih mudah bagi keluarga dan masyarakat sedangkan factor sosio cultural membutuhkan proses yang lebih lama untuk diterima keluarga dan masyarakat. Kata Kunci : Skizofrenia, Genetika, SosioKultural.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ASUPAN MAKANAN HARIAN PASIEN PENDERITA GANGGUAN JIWA YANG DISAJIKAN PIHAK RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Muliana, 2016)

STIGMA MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI KECAMATAN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Putriyani, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERAWATAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2016 (Nirwan, 2016)

KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP PASIEN DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (GEBBY DESZA ANANDA, 2018)

PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN JIWA TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI MAN DARUSSALAM KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ZIKRI REZEKI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy