//

PENDEKATAN PSIKOLOGI SOSIAL BAGI PEREMPUAN KORBAN KONFLIK PASCA PERDAMAIAN ( SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN IDI RAYEUK - ACEH TIMUR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKI MAULINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

xi ABSTRAK Konflik bersenjata antara GAM dan TNI telah membuat perubahan dalam diri perempuan korban konflik di kecamatan Idi Rayeuk. Perasaan trauma akibat konflik telah mempengaruhi psikologis, sosial maupun ekonomi mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi psikologi sosial perempuan korban konflik di Aceh Timur sehingga perasaan trauma masih ada sampai saat ini dan mengetahui kepedulian serta tindakan pendekatan psikologi apa yang telah dilakukan oleh pemerintah dan bantuan apa saja yang telah di realisasikan pemerintah Aceh terhadap perempuan-perempuan korban konflik di Aceh Timur tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Studi lapangan untuk memperoleh data primer yaitu dengan wawancara, sedangkan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data berdasarkan buku-buku dan bacaan terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan masih banyak korban konflik yang ada di Idi Rayeuk yang masih merasakan trauma akibat konflik bersenjata yang menimpa mereka dan keluarganya, serta belum adanya pemberdayaan secara maksimal dan efektif yang diberikan pemerintah kepada seluruh perempuan korban konflik. Disarankan kepada pemerintah agar dapat melakukan perubahan dan perlu adanya pendekatan psikologi sosial terhadap mereka, memberikan pemberdayaan serta pemulihan kondisi psikologi dengan cara terbentuknya program konseling yang diharapkan dapat membantu memperbaiki kehidupan perempuan korban konflik yang ada di Idi Rayeuk secara lebih maksimal. Kata kunci: psikologi sosial, peace building, perempuan korban konflik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI PERATURAN PENYELAMATAN ANAK PASCA BENCANA KONFLIK SOSIAL (STUDI KASUS DI KECAMATAN BATEE DAN KECAMATAN TIRO KABUPATEN PIDIE) (LISA RAHMI, 2016)

KETERLIBATAN NON GOVERNMENT ORGANIZATION (NGO) PEREMPUAN DALAM PROGRAM REINTEGRASI PASCA KONFLIK (STUDI PADA BALAI SYURA UREUNG INONG ACEH, FLOWER ACEH DAN PUSAT STUDI WANITA UIN AR-RANIRY DI KOTA BANDA ACEH) (riki ramdani, 2016)

IMPLEMENTASI PEMULIHAN PEREMPUAN KORBAN KONFLIK ACEH PASCA KONFLIK DITINJAU DARI HUKUM INTERNASIONAL (MAYA PERMATASARI, 2017)

PERKEMBANGAN KECAMATAN KLUET TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN PASCA PEMEKARAN TAHUN 2003-2012 (ASMA AINI, 2018)

AKSES PEREMPUAN KORBAN TSUNAMI TERHADAP HAK PEWARISAN DAN PERWALIAN KASUS DI BANDA ACEH RNDAN ACEH BESAR (FATIMAHSYAM, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy