//

HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN TENTANG ULKUS KAKI DENGAN KEPEDULIAN MERAWAT KAKI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Istia Rahmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Diabetes Melitus (DM) adalah suatu gangguan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang ditandai oleh hiperglikemia atau peningkatan kadar glukosa dalam darah yang terjadi akibat kelainan sekresi insulin atau menurunnya kerja insulin. Komplikasi yang umum ditimbulkan akibat DM adalah ulkus kaki. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan pasien tentang ulkus kaki dengan kepedulian merawat kaki pada pasien DM tipe 2 di RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan studi Analitik dengan desain cross sectional yang dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2015 sampai 25 Januari 2016. Hasil penelitian dianalisa menggunakan uji Chi-Square. Data hasil penelitian diperoleh dari 70 orang responden menunjukkan 44 responden (62,9%) memiliki pengetahuan baik tentang ulkus kaki sementara sisanya memiliki pengetahuan kurang. Sebanyak 37 responden (84,1%) memiliki pengetahuan baik tentang ulkus kaki dan peduli dalam merawat kaki sementara dari 26 responden yang memiliki pengetahuan kurang hanya 4 responden (15,4%) yang peduli dalam merawat kaki. Berdasarkan hasil statistik terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan pasien tentang ulkus kaki dengan kepedulian merawat kaki (p=0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah pengetahuan pasien tentang ulkus kaki berhubungan dengan kepedulian merawat kaki pada pasien DM tipe 2 di RSUDZA Banda Aceh. Kata kunci: DM tipe 2, Kepedulian, Pengetahuan, Ulkus kaki.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI PASIEN DM TIPE II TENTANG SENAM KAKI DAN PERAWATAN KAKI UNTUK MENCEGAH ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2013 (Murisa Ayu Saputri Is, 2013)

PERSEPSI PASIEN DM TIPE II TENTANG SENAM KAKI DAN PERAWATAN KAKI UNTUK MENCEGAH ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2013 (Murisa Ayu Saputri Is, S.Kep, 2015)

HUBUNGAN KADAR HBA1C TERHADAP DERAJAT KAKI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 (, 2018)

PERANCANGAN ALAS KAKI KESEHATAN UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN ANTROPOMETRI (STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH) (Muhammad Irfan, 2018)

GAMBARAN KOLONI SPESIES CANDIDA ORAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUDZA BANDA ACEH (SALVINIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy