//

PENGORGANISASIAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH “GEMA BERSATU” DI GAMPONG ATEUK PAHLAWAN KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIA RAHMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmi, Mutia. 2016. Pengorganisasian Masyarakat Melalui Bank Sampah “Gema Bersatu” di Gampong Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Amrusi, M.Si, (2) Dra. Musfiana, MM. Kata Kunci :Pengorganisasian Masyarakat, Bank Sampah. Salah satu upaya dalam mengatasi masalah sampah di lingkungan yaitu dengan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah. Tetapi pada umumnya perilaku masyarakat dalam mengelola sampah masih tetap sama yaitu masyarakat yang sudah terbiasa mencampuri antara sampah organik dengan sampah anorganik. Dalam mencapai Pengorgansian Masyarakat yang maksimal sangat tergantung pada tata cara dan keterampilan Pengelola Bank Sampah yang diterapkan dalam prosesnya. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengorganisasian Masyarakat melalui Bank Sampah “Gema Bersatu”, Pengelolaan Sampah yang dilaksanakan pada Bank Sampah “Gema Bersatu” dan Partisipasi Masyarakat pada Bank Sampah “Gema Bersatu” di Gampong Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua Bank Sampah “Gema Bersatu” dan 5 masyarakat Gampong Ateuk Pahlawan, sedangkan objek penelitian adalah semua informasi mengenai Pengorganisasian Masyarakat melalui Bank Sampah “Gema Bersatu” di Gampong Ateuk Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pengorganisasian Masyarakat melalui Bank Sampah “Gema Bersatu” yaitu dilakukan dengan pertemuan sosialisasi antar masyarakat secara langsung (mengadakan rapat) atau secara tidak langsung (melalui pengumuman). Pengelolaan Sampah yang dilaksanakan pada Bank Sampah “Gema Bersatu” yaitu adanya Pemilihan sampah, Penyerahan sampah ke Bank Sampah, Penimbangan, hasil penjualan sampah dimasukkan kedalam buku tabungan, dan Bagi hasil penjualan sampah antara penabung dengan pelaksana. Partisipasi masyarakat pada Bank Sampah “Gema Bersatu” masih rendah, dimana partisipasi masyarakat yang semakin hari semakin menurun.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGANRN(STUDI DESKRIPTIF PADA PETAMBANG EMAS TRADISIONALRNDI GAMPONG PAYA ATEUK, KEC. PASIE RAJA, KAB. ACEH SELATAN) (Muzakir, 2014)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Dika Yulia Sartika, 2018)

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK MELALUI PENGGUNAAN KARTU BILANGAN DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Riska Maulina, 2018)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE DAN RECYCLE)DI GAMPONG ILIE KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Nazaruddin, 2016)

TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI GERAKAN MENABUNG PADA BANK SAMPAH KOTA BANDA ACEH (Reski Hartina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy