//

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT ANAK SEKOLAH DASAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulana Base - Personal Name

Abstrak/Catatan

Latar Belakang: Obesitas mempunyai dampak buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk terganggunya fungsi kognitif. Secara fisiologik tingginya kadar lemak dalam tubuh akan menghasilkan berbagai macam oksidan penyebab terganggunya fungsi kognitif, seperti eicosanoid, dokosanoid, lisofosfolipid, reactive oxygen species (ROS), 4-hidroksinonenal (4-HNE ) dan 4hidroksiheksenal (4-HHE ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan obesitas dengan Intelligence Quotient (IQ) pada anak sekolah dasar. Metode: Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan rancangan casecontrol. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober sampai November 2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling, dari 583 anak sekolah dasar didapat 30 anak obesitas dan 30 anak status gizi baik. Data dikumpulkan berdasarkan hasil pengukuran antropometri dan tes IQ dengan metode Colour Progressive Matrices (CPM). Data dianalisis menggunakan uji Somers D. Hasil: Hasil penelitian dari 30 anak obesitas didapatkan 2 anak (7%) berada di tingkat IQ diatas rata-rata, 13 anak (43%) berada di tingkat IQ rata-rata, 12 anak (40%) berada di tingkat IQ dibawah rata-rata dan 3 anak (10%) berada di tingkat IQ terhambat. Dari 30 anak gizi baik, 2 anak (7%) berada di tingkat IQ superior, 14 anak (47%) berada di tingkat IQ diatas rata-rata, 10 anak (33%) berada di tingkat IQ rata-rata dan 4 anak (13%) berada di tingkat IQ dibawah rata-rata. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara obesitas dengan tingkat Intelligence Quotient (IQ) anak sekolah dasar (z-skor 3,49 > z-tabel 1,96) atau nilai signifikansi (0,028 < 0,05) pada uji Somers’D. Kata Kunci: Obesitas, Intelligence Quotient, Anak

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT ANAK SEKOLAH DASAR (Maulana Base, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP IQ PADA ANAK DI MIN TUNGKOP ACEH BESAR (RAIS AL-`ABQARY, 2014)

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN OBESITAS PADA ANAK UMUR 10-12 TAHUN DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Andesta Mutia Ulva, 2014)

HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN SIAP SAJI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR USIA 10-12 TAHUN RNDI KECAMATAN BAITURRAHMANRNBANDA ACEH TAHUN 2015 (INTAN RIZKA PUTRI, 2015)

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN ASMA BRONKIAL PADA ANAK DI POLIKLINIK ANAK BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Taufiqurrahman, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy