//

STRATEGI PENGEMBANGAN KLUSTER PERKEBUNAN KOPI DAN TEBU UNTUK PENGEMBANGAN EKONOMI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aris Zaputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengindentifikasi kluster dan strategi pengembangan kluster ekonomi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Acehdi Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tengah dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Dataprimer adalah data diperoleh dari hasil pengamatan langsung melalui objek penelitian. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari studi kepustakaan dan pengambilan data dari instansi-instansi terkait seperti Dinas Badan Pusat Statistik Aceh Tengah yang berhubungan dengan penelitian ini.Analisis yang digunakan adalah analisis yang di awali dengan teknikLocationQuotient(LQ)dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan teknik analisa location quotient LQ,dapat diidentifikasi bahwa komoditas yang memiliki nilai LQ>1 menunjukkan Kondisi Eksisting produksi dan Potensi Pengembangan Kopi di Kecamatan Linge, Atu Lintang, Jagong Jeget, Bintang, Lut Tawar, Kebayakan, Pegasing, Bies, Bebesan, Kute Pineng, Silih Nara, Celala, Rusip Antara, sedangkan tebu hanya pada Kecamatan Ketol sebagai komoditas strategis untuk dikembangkan lebih lanjut di Kabupaten Aceh Tengah.Sedangkan posisi strategi pengusaha kopi dan tebu berada pada Posisi strategi agresif yaitu mendukung kebijakan pengusaha, strategi ini dapat digunakan apabila pengusaha tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang ada, karena keduanya memiliki selisih nilai terhitung positif yaitu sebesar 1,34 dan 1,31. Kata Kunci : Strategi Pengembangan Kluster, Perkebunan Kopi dan Tebu

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PUSAT KOPI GAYO (Renggha Prima, 2015)

ANALISIS RANTAI NILAI DAN DAYA SAING GULA MERAH TEBU DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Bagio, 2016)

ANALISA KELAYAKAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO DENGAN PENDEKATAN EKONOMI TEKNIK DI KABUPATEN BENER MERIAH (Mirza Saputra, 2017)

ANALISIS MUTU GULA MERAH BERBAHAN DASAR TEBU (SACCHARUM OFFICINARUM) DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Mardan Syah Putra, 2016)

PENDAPATAN DAN PENGELUARAN PETANI KOPI DI DESA DALING KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (fitria mayani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy