//

PENGARUH WAKTU INFUSA DAN SUHU AIR YANG BERBEDA TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN VITAMIN C PADA INFUSED WATER KULIT PISANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Manna Wassalwa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Kulit Pisang, Infused Water, Antioksidan, Radikal Bebas DPPH. Salah satu alternatif yang tepat untuk menggantikan minuman instan ialah infused water. Infused water adalah minuman infusa berperasa alami dan aman bagi kesehatan tubuh. Kulit pisang sering dianggap sebagai limbah padahal kulit pisang mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang tinggi sehingga cocok bila dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam pembuatan infused water sehingga disebut infused water kulit pisang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu dan suhu air infusa terhadap aktivitas antioksidan dan vitamin C pada infused water kulit pisang. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kombinasi antara waktu dengan suhu air infusa terhadap aktivitas antioksidan dan vitamin C pada infused water kulit pisang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) yang terdiri dari 16 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Parameter yang diamati adalah konsentrasi antioksidan, nilai IC50, dan kadar vitamin C pada filtrat infused water kulit pisang. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) untuk uji vitamin C dan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) untuk uji aktivitas antioksidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nyata (F-hitung > F 0,05) antara kombinasi waktu dan suhu air infusa terhadap aktivitas antioksidan dan vitamin C pada infused water kulit pisang. Perlakuan S3W4 (suhu 37C dan waktu infusa selama 120 menit) merupakan perlakuan terbaik pada uji aktivitas antioksidan yaitu sebesar 4,80 ppm dan uji vitamin C sebesar 9,75 ppm serta nilai IC50 sebesar 3,63 ppm. Simpulan penelitian ini adalah kombinasi waktu dan suhu air infusa berpengaruh terhadapat aktivitas antioksidan dan vitamin C pada infused water kulit pisang dan nilai IC50 sebesar 3,63 ppm yaitu sangat kuat. Saran untuk perkembangan penelitian ini ialah: (1) dilakukan penelitian mengenai kadar vitamin C pada infused water dengan suhu infusa rendah namun dalam waktu yang relatif lebih lama, (2) dilakukannya mengujian antioksidan dengan metode selain DPPH.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSTRAKSI ANTOSIANIN BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) METODE ULTRASONIK (Muhammad Mesa Tamamy, 2017)

PEMBUATAN BIOETANOL DARI KULIT PISANG KEPOK DENGAN FERMENTASI MENGGUNAKAN SACCHAROMYCES CEREVISIAE (Nanda Syah Putra, 2018)

ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK METANOL KULIT BUAH KAKAO (THEOBROMA CACAO L) (MUNIR ANWAR, 2018)

KARAKTERISASI α-AMILASE ASPERGILLUS SP. ASAL BONGGOL PISANG (Rizka Ananda, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH KULIT PISANG KEPOK (MUSA PARADISIACA L) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA SEBAGAI PAKAN TERNAK ITIK JAWA (ANAS JAVANICA) TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN (Putri Wulandari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy