//

DENSITAS BAKTERI PADA LIMBAH CAIR PASAR TRADISIONAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lizayana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Densitas, Bakteri, Optical Density (OD), Total Plate Count (TPC) Salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat setiap harinya adalah pasar tradisional. Berbagai aktivitas seperti jual beli berbagai keperluan rumah tangga dapat ditemui ditempat tersebut. Aktivitas tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya limbah pasar yang harus segera diatasi. Limbah yang dihasilkan dapat berupa limbah padat dan limbah cair. Limbah cair memberi peluang besar untuk berkembangnya berbagai mikroorganisme yang berbahaya bagi manusia, seperti Eschericia coli dan bakteri sejenisnya . Limbah cair pasar tradisional yang dihasilkan setiap harinya menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti diare dan penyakit sejenisnya. Gangguan tersebut disebabkan oleh bakteri patogen yang terdapat di dalam limbah cair tersebut. Penelitian Densitas Bakteri yang Terdapat pada Limbah Cair Pasar Tradisional telah dilaksanakan pada sejak bulan Februari-Maret 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui densitas bakteri yang terdapat pada limbah cair pasar tradisional di Kota Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah limbah cair sanitasi Pasar tradisional yaitu pasar Rukoh, Pasar Peunayong, Pasar Neusu, Pasar Keutapang, dan Pasar Seutui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dalam tiga tahap yaitu pengambilan sampel limbah cair, pengukuran nilai Optical Density (OD), dan Total Plate Count (TPC). Hasil penelitian diperoleh densitas bakteri tertinggi terdapat pada limbah cair dengan jumlah koloni sebanyak 20 x 1010 CFU/ml pada tingkat pengenceran 10-9 yang memiliki nilai Optical Density (OD) tertinggi yaitu 0.512 nm pada Pasar Seutui, sedangkan jumlah koloni bakteri paling sedikit ditemukan pada limbah cair dengan jumlah koloni bakteri 3 x 107 CFU/ml pada tingkat pengenceran 10-6 yang memiliki nilai optical density terendah yaitu 0.051 nm pada Pasar Rukoh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TETRASELMIS SP. (Agus SriMuliadi, 2017)

PEMANFAATAN LIMBAH CAIR TAHU DAN AIR KELAPA UNTUK MEMPERBAIKI SIFAT KIMIA TANAH, MENINGKATKAN HASIL DAN KUALITAS BIJI KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERILL) (Nailis Saadah, 2015)

DAMPAK KEMUNCULAN PASAR MODERN TERHADAP PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI KOTA BANDA ACEH (Kasman Rasyidin, 2016)

EFEKTIVITAS FITOREMEDIASI GENJER (LIMNOCHARIS FLAVA) DALAM LIMBAH CAIR AMONIA PT PUPUK ISKANDAR MUDA (Dian Arlianty, 2016)

ISOLASI BAKTERI PROTEUS SP. PADA TINJA ANAK AYAM BROILER (DOC) YANG DI PASARKAN DI PASAR LAMBARO ACEH BESAR ISOLASI BAKTERI PROTEUS SP. PADA TINJA ANAK AYAM BROILER (DOC) YANG DI PASARKAN DI PASAR LAMBARO ACEH BESAR (Muhammad Reza, S.kh, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy