//

PENGARUH JARAK MULTI RELAY TERHADAP KINERJA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL AF DAN DF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Maulida Fitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Seiring dengan pertumbuhan dan penerapan jaringan nirkabel dibutuhkan peningkatan dalam kinerja sistem komunikasi nirkabel. Salah satu masalah utama yang mempengaruhi kinerja sistem komunikasi nirkabel adalah fading. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan sistem komunikasi kooperatif yang menggunakan teknik relay. Pada sistem komunikasi kooperatif, source mengirimkan informasi secara langsung ke destination dan melalui beberapa relay. Selanjutnya informasi yang diterima relay akan diproses dengan protokol tertentu sebelum diteruskan ke destination. Jenis protokol relay pada sistem komunikasi kooperatif yang umum digunakan untuk meningkatkan keandalan sistem adalah Amplify and Forward (AF) dan Decode and Forward (DF). Penelitian tugas akhir ini menganalisis pengaruh jarak multi relay terhadap kinerja sistem komunikasi kooperatif menggunakan protokol relay AF dan DF. Analisis dilakukan dengan simulasi numerik menggunakan software MATLAB. Evaluasi kinerja sistem mempertimbangkan parameter Bit Error Rate (BER) dan Signal-to-Noise Ratio (SNR). Hasil simulasi menunjukkan relay yang berada di dekat source memiliki kinerja BER yang lebih baik dibandingkan dengan relay di tengah dan di dekat destination untuk protokol AF dan DF. Penggunaan tiga buah relay pada protokol AF dan DF memiliki kinerja BER yang lebih baik dibandingkan penggunaan satu buah relay dengan asumsi jarak relay dari source yang sama. Protokol DF memiliki kinerja yang lebih baik dibanding protokol AF. Faktor jarak dan jumlah relay mempengaruhi kinerja BER pada komunikasi kooperatif. Semakin dekat jarak antara relay dengan source dan semakin banyak jumlah relay yang digunakan maka kinerja BER yang didapat akan semakin baik yang menunjukkan bahwa kinerja dari suatu sistem komunikasi kooperatif tersebut baik. Kata kunci: Komunikasi kooperatif, pengaruh jarak relay, protokol relay, Amplify and Forward (AF), Decode and Forward (DF), Bit Error Rate (BER).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JARAK MULTI RELAY TERHADAP KINERJA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL AF DAN DF (Nurul Maulida Fitri, 2016)

ANALISIS KINERJA PADA JARINGAN KOOPERATIF MULTI-HOP RELAY MENGGUNAKAN PROTOKOL AMPLIFY AND FORWARD (AF) DENGAN ALOKASI DAYA (CUT MELDA SEPTIANI, 2016)

EFISIENSI DAYA PADA JARINGAN MULTI-HOP RELAY NIRKABEL MENGGUNAKAN PROTOKOL QUANTIZE AND FORWARD (QF) (Isyqi Harzaki, 2016)

EFISIENSI ENERGI SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF DENGAN PROTOKOL QUANTIZE AND FORWARD (QF) MENGGUNAKAN STRATEGI PEMILIHAN RELAY (Fityanul Akhyar, 2017)

PERBANDINGAN BEBERAPA STRATEGI PENGKODEAN JARINGAN TERHADAP KINERJA JARINGAN KOOPERATIF BERBASIS MULTIPLE-ACCESS RELAY CHANNEL (MARC) (Yunida, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy