//

TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR ( SUATU PENELITIAN DI KOTA SUBULUSSALAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAYANG SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK MAYANG SARI, TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN 2016 OLEH ANAK DI BAWAH UMUR( Suatu Penelitian di Kota Subulussalam) ( Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala) (v, 55), pp, tabl, bibl, app. Muzakkir Abubakar S.H.,S.U. Pasal 77 ayat( 1 ) Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyatakan: Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang di kemudikan. Hal ini menunjukkan setiap orang harus memiliki SIM yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang, namun di Subulussalam banyak anak-anak yang mengemudi tanpa SIM. Selanjutnya selayaknya Pasal 1367 KUHPerdata mengatur bahwa “Seorang tidak saja bertanggung jawab untuk kerugian yang disebabkan perbuatannya sendiri, tetapi juga untuk kerugian yang disebabkan oleh orang yang menjadi tanggungannya. Hal ini berarti, terkait tanggung jawab seorang sebagai subjek hukum tidak hanya mengacu pada kerugian yang disebabkan oleh perbuatannya sendiri. Oleh sebab itu setiap tindakan anak yang menyebabkan terjadinya kecelakaan dijalan raya mewajibkan orang tua untuk bertanggung jawab. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui dan menjelaskan faktor yang menyebabkan seorang anak dapat melakukan perbuatan melawan hukum dengan cara melakukan pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan kerugian bagi pihak lain, tanggung jawab orang tua atas kerugian yang ditimbulkan atas terjadinya kecelakaan, serta untuk menjelaskan penyelesaian dan bentuk ganti rugi yang diberikan oleh orang tua. Data dalam penulisan skripsi ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan penelaah buku bacaan dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, sehingga menghasilkan data sekunder. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer melalui wawancara dengan responden dan informan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor perbuatan melawan hukum yang dilakukan anak adalah karena faktor kesengajaan dan kelalaian dari pihak orang tua karena tidak pantasnya orang tua memeberikan hadiah kepada anak berupa sepeda motor. Orang tua bertanggung jawab atas kerugian yang diderita korban dengan membayar ganti kerugian. Penyelesaian ganti rugi terhadap korban kecelakaan dilakukan dengan cara musyawarah atau negosiasi antara orang tua, tokoh masyarakat, dengan korban yang menuntut sejumlah ganti rugi yang sesuai dengan kerugian yang diderita oleh pihak korban dilakukan secara bertahap atau secara tunai. Disarankan kepada orang tua agar memberikan hadiah sepeda motor haruslah sesuai dengan kebutuhan anak. Para orang tua harus bertanggung jawab atas kerugian yang dialami orang lain atas perbutan anaknya. Ganti kerugian yang diberikan orang tua kepada korban haruslah sesuai dengan kerugian korban.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGUNG JAWAB ORANG TUA DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KOTA BANDA ACEH) (Maulina Wati, 2017)

UPAYA POLISI LALU LINTAS DALAM MENSOSIALISASIKAN TATA TERTIB LALU LINTAS DI KOTA BANDA ACEH (Sumarni, 2018)

MEKANISME PENGAJUAN SANTUNAN KECELAKAAN PADA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) BANDA ACEH (AUDI ERLANGGA, 2014)

PENJATUHAN PIDANA DENDA TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS DI WILAYAH PENGADILAN NEGERI BANDA ACEH (Sandy Afriansyah, 2016)

RANCANG BANGUN PURWARUPA PENGIDENTIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR PELANGGAR LAMPU LALU LINTAS DENGAN RFID BERBASIS ARDUINO UNO (Adityo Sumantri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy