//

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI ELASTISITAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STUDENT ARCHIEVMENT DIVISION(STAD)SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Hanifah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Jigsaw, STAD, Hasil Belajar, Eksperimen. Penelitian ini berjudul Perbedaan Hasil Belajar Materi Elastisitas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan STAD (Student Archievement Division) Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Adapun yang menjadi latar belakang pemilihan judul ini dikarenakan berdasarkan pengamatan penelitian terdahulu terhadap kedua tipe dari model pembelajaran kooperatif yang digunakan merupakan salah satu model yang efektif digunakan dimana pembelajaran ini berpusat pada kegiatan siswa ketika proses belajar mengajar. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar materi Elastisitas melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD (Student Archievement Division). Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah pendekatan penelitian eksperimen, pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah instrumen tes. Tehnik pengolahan data pada penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis uji statistik yaitu rumus uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar materi Elastisitas melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD (student archievement division) siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Disarankan agar dapat dilakukan penelitian oleh pihak lain dengan membuat kelebihan serta kekurangan dari model pembelajaran yang sama yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student Archievement Division (STAD) dan pengambilan sampel dilakukan secara acak sebagai pertimbangan untuk hasil penelitian ini nantinya diperoleh hasil yang sama atau tidak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Basdillan Karnova, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Zakiah Rahmi, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ARDIAN, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy