//

KEMENANGAN YUSNIAR SEBAGAI KEUCHIK GAMPONG COT MESJID BANDA ACEH PADA PEMILIHAN SECARA LANGSUNG TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WAHYU RIZKI FAUZI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK WAHYU RIZKI FAUZI, KEMENANGAN YUSNIAR SEBAGAI 2016 KEUCHIK GAMPONG COT MESJID BANDA ACEH PADA PEMILIHAN SECARA LANGSUNG TAHUN 2015 Fakultas I lmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sy iah Kuala (Maimun, MA) (iv, 56), pp,, bibl. Perempuan di Aceh mempunyai hak untuk mencalonkan diri dalam Pemilihan Keuchik Langsung. Dalam pemiliham Keuchik, terdapat banyak hambatan bagi seorang perempuan di Aceh jika ingin berpartisipasi dalam politik. Strategi ini sesungguhnya menentukan seorang kandidat menang atau kalah dalam sebuah pemilihan umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kemenangan Yusniar dan untuk mengetahui strategi politik Yusniar dalam Pemilihan Keuchik Secara Langsung di Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Luengbata, Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dimana data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer maupun sekunder, yang meliputi hasil wawancara, dokumentasi serta kepustakaan dan berbagai berita yang memiliki hubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penyebab kemenangan Yusniar dalam pemilihan Keuchik Gampong Cot Mesjid yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal meliputi latar belakang pendidikan, faktor kedekatan dengan masyarakat dan optimisme/keyakinan. Kemudian faktor eksternal yang mempengaruhi kemenangan Yusniar diantara lain kekuatan tim sukses dan dukungan masyarakat. Untuk strategi politik yang digunakan oleh Yusniar berupa lobi politik, komunikasi dan penyebaran informasi. Yusniar telah melakukan semua strategi tersebut, akan tetapi tidak ada proses yang terlalu ekstrim dalam strategi yang dilakukanya karena dua calon Keuchik lainnya yang juga merupakan keluarganya sendiri tidak dianggap lawan dan Yusniar mengatakan mereka bukan untuk dilawan tetapi mereka bersanding dan siapaun yang menang nanti tidak akan menjadi masalah, akan tetapi Yusniar tetap fokus terhadap semua strategi, seperti lobi tehadap perangkat desa, komunikasi dengan masyarakat dan penyebaran informasi melalui media tradisional yaitu dari mulut kemulut. Disarankan kepada Keuchik terpilih Yusniar, dapat menjalankan kepemimpinannya sesuai dengan visi misi dan untuk kesejahteraan masyarakat Gampong Cot Mesjid. Kata Kunci: Kemenangan Yusniar, Pemilihan Langsung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DINASTI POLITIK PEMERINTAH GAMPONG TERHADAP KEMENANGAN YUSNIAR PADA PEMILIHAN KEUCHIK COT MESJID (M. ASROEL RAMADHANA, 2016)

ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT GAMPONG COT MESJID KOTA BANDA ACEH DALAM MEMILIH KEUCHIK PEREMPUAN (NOVA MAULIATI, 2016)

PROSES PEMILIHAN KEUCHIK DI KABUPATEN ACEH JAYA (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN TEUNOM) (M. AIT ALASAD, 2016)

ANALISIS RELASI PATRON KLIEN PADA PEMILIHAN KEUCHIK TAHUN 2015 DI GAMPONG KOTA PALAK KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN (SITI ERLITA, 2016)

KETERLIBATAN KEUCHIK PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2014 ( SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN INDRAJAYA KABUPATEN PIDIE) (KHALISNI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy