//

PEMBANGUNAN EKONOMI POLITIK MELALUI PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA (STUDI TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA SABANG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shinta Aliftia Lestari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kota Sabang merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) memiliki banyak potensi pariwisata,maka pengembangan pariwisata di Kota Sabang diharapkanuntuk dapat memberi dampak bagi meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji desain pengembangan sektor pariwisata di Kota Sabang sebagai upaya pembangunan ekonomi politik dan kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah dalam pembangunan ekonomi politik melalui pengembangan sektor pariwisata. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian lapangan. Penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai informan informan yang berkaitan dengan penelitian, serta menganalisis dokumen-dokumen yang diperoleh saat melakukan penelitian lapangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Sabang belum mampu merumuskan kebijakan yang efektif terhadappengembangan pariwisata Sabang. Melihat Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Pendek (RPJM) Kota Sabang belum memberikan gambaran atau menunjukkan desain pariwisata Kota Sabang sebagai penunjang ekonomi masyarakat.Desain pariwisata, pengembangan objek pariwisata, pemasaran pariwisata, kemitraan pariwisata, peningkatan sumber daya pengelola pariwisata dan partisipasi masyarakat adalah bagian penting dari upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi dan meningkatkan sektor pariwisata. Akan tetapi dalam perjalanannya pengembangan pariwisata Sabang menuai banyak kendala baik itu kendala yang disebabkan oleh faktor sumber daya manusia (pemerintah Kota Sabang) dan faktor syariat Islam. Kepada Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kota Sabang agar dapat merumuskan kebijakan yang efektif terhadap pengembangan sektor pariwisata Sabang sebagai upaya pembangunan ekonomi politik. Serta juga diharapkan adanya keterlibatan semua pihak dalam pengembangan pariwisata di Kota Sabang baik itu masyarakat maupun pihak swasta. Kata Kunci: Kebijakan pemerintah, ekonomi politik, pengembangan sektor pariwisata SHINTA ALIFTIA LESTARI 2016 PEMBANGUNAN EKONOMI POLITIK MELALUI PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA (Suatu Study Terhadap Pengembangan Sektor Pariwisata) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala (Maimun, MA dan Radhi Darmansyah, M.Sc) (xi, 87), pp., bibl., app.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PARIWISATA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA SABANG (Shakhibul Amnar, 2016)

PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA DI TAPAKTUAN (STUDI ANALISIS SOSIOLOGI SPATIAL DI KECAMATAN TAPAKTUAN,ACEH SELATAN) (Kodrat Zulfi, 2017)

KARAKTERISTIK WISATAWAN KE KOTA SABANG YANG MELALUI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Berry, 2016)

ANALISIS PERKEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA DI RNKOTA BANDA ACEH DAN SEKITARNYA (Teuku Erry Zahlevi Zulkarnain, 2015)

ANALISIS KETERKAITAN REGIONAL KABUPATEN/KOTA DALAM PEMBENTUKAN KLASTER PENGEMBANGAN EKONOMI WILAYAH PROVINSI ACEH (PENDEKATAN ANALISIS SPASIAL) (Zedi Saputra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy