//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hendra Susanto - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: model pembelajaran discovery learning, kemampuan berpikir logis matematis Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan berpikir logis menjadi kemampuan yang sangat diperlukan oleh siswa dalam menghadapi perubahan dan tantangan-tantangan kehidupan. Salah satu model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis siswa adalah model Discovery Learning. Model Discovery Learning mengutamakan kegiatan siswa sendiri dalam menyelidiki dan menemukan, sehingga kemampuan berpikir logisnya dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016 pada semester genap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain Pre-test dan Post-test Control Group. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir logis matematis. Data diperoleh melalui hasil pre-test dan post-test kemampuan berpikir logis matematis. Analisis data dilakukan dengan statistik uji-t satu pihak yaitu pihak kanan pada taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan (dk) = 54. Berdasakan hasil pengolahan data terhadap N-Gain kemampuan berpikir logis matematis siswa diperoleh nilai t_(hitung )= 3,30 dan nilai t_(tabel )= 1,67 atau t_hitung> t_(tabel ) yaitu 3,30 > 1,67, hal ini berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa juga dapat dilihat dari rata-rata skor N-Gain masing-masing kelompok, kelas eksperimen nilai rata-rata 0,35, sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata 0,03.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Mirunnisa, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy