//

PENGARUH PERENDAMAN LARUTAN KETUMBAR TERHADAP KADAR PROTEIN DAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK IKAN MUJAIR PANGGANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fania Hidayati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hidayati, Fania. 2016. Pengaruh Perendaman Larutan Ketumbar Terhadap Kadar Protein dan Karakteristik Ikan Mujair Panggang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Khairil, M.Si. (2) Dr. Safrida, S. Pd, M.Si. Kata Kunci: Ketumbar, Ikan Mujair, Kadar Protein, Organoleptik. Ikan mujair merupakan jenis ikan yang sangat mudah ditemui di kawasan Aceh Besar. Selain mempunyai cita rasa yang enak ikan mujair juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Untuk tetap menjaga kandungan proteinnya, ikan mujair perlu diolah dengan cara yang tepat, salah satunya adalah dengan cara dipanggang menggunakan ketumbar. Dengan begitu kebutuhan gizi masyarakat akan protein hewani tercukupi dan rempah Indonesia tetap lestari. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman larutan ketumbar terhadap kadar protein ikan mujair, serta dilakukan uji organoleptik untuk mengetahui karakteristik organoleptik ikan mujair setelah diberikan larutan ketumbar dan di panggang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen RAL pola nonfaktorial dengan 6 perlakuan dan 3 kali ulangan, analisis data yang digunakan meliputi analisis kadar protein kasar pada ikan mujair dan uji karakteristik organoleptik pada ikan mujair panggang (Uji Hedonik) dengan suhu pemangggangan 80 ̊C dan lama pemanggangan 15 menit. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, hasil penelitian diperoleh rata-rata kadar protein kasar pada ikan mujair terlihat meningkat pada penambahan larutan ketumbar sebanyak 5 gram atau 10.000 ppm dengan rata-rata 14,06%. Uji ANAVA kadar protein pada ikan mujair terdapat pengaruh yang nyata pada taraf signifikan 0,05. Kedua, berdasarkan Uji Organoleptik pada ikan mujair panggang menunjukkan bahwa tehnik perendaman pada larutan ketumbar dengan takaran yang berbeda dapat berpengaruh terhadap karakteristik organoleptik ikan mujair. Simpulan penelitian ini adalah pemberian larutan ketumbar berpengaruh terhadap kadar protein dan karakteristik ikan mujair panggang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERENDAMAN IKAN KEUMAMAH TERHADAP KADAR PROTEIN (Jumhuri, S.KH, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN GULA DAN LAMA PERENDAMAN DALAM LARUTAN KAPUR CA(OH)2 TERHADAP KARAKTERISTIK MANISAN BUAH PALA BASAH (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) (Winda Karlina, 2016)

PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM LARUTAN NATRIUM METABISULFIT TERHADAP KARAKTERISTIK TEPUNG UBI JALAR UNGU (Suci Alviana Dulva, 2017)

PENGARUH PERENDAMAN BERBAGAI LARUTAN TERHADAP PENURUNAN KADAR FORMALIN PADA IKAN ASIN KEMBUNG (SCOMBER CANAGORTA) DI PASAR LAMBARO ACEH BESAR (Febrina Rahmadhani, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KANDUNGAN PROTEIN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (SARAH RIZKI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy