//

KEMAMPUAN KITIN DARI CANGKANG KEPITING BAKAU (SCYLLA SPP) DALAM MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL JEROAN SAPI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Subhan Hadi Kusuma - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Kitin, Kepiting Bakau (Scylla spp), Kadar Kolesterol, Jeroan Sapi Kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi produk hewani yang berlebihan khususnya jeroan sapi merupakan kebiasaan yang buruk yang dapat menyebakan hiperkolesterolemia. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan penggunaan senyawa kitin. Penelitian ini berupaya mengungkapkan kemampuan kitin dari cangkang kepiting bakau (Scylla spp) dalam menurunkan kadar kolesterol jeroan sapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan konsentrasi optimum kitin dari cangkang kepiting bakau (Scylla spp) dalam menurunkan kadar kolesterol jeroan (otak) sapi. Hipotesis penelitian ini adalah konsentrasi kitin yang berbeda-beda berpengaruh terhadap penurunan kadar kolesterol jeroan sapi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 Perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari P0(-) (Perlakuan kontrol negatif), P0(+) (Perlakuan kontrol positif dengan kitosan 50 mg), P1 (kitin 30 mg), P2 (kitin 50 mg), P3 (kitin 70 mg), dan P4 (kitin sebanyak 90 mg). Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kitin dari cangkang kepiting bakau (Scylla spp) berpengaruh nyata (P < 0,05) terhadap kadar kolesterol jeroan (otak) sapi. Penambahan kitin dari cangkang kepiting bakau (Scylla spp) mampu menurunkan kadar kolesterol jeroan (otak) sapi sebesar 82,04%. Penurunan kadar kolesterol dengan penambahan kitin dari cangkang kepiting bakau (Scylla spp) lebih efektif (82,05%) dibandingkan kitosan komersial dari cangkang udang (74,37%). Simpulan penelitian ini adalah konsentrasi kitin yang berbeda-beda berpengaruh terhadap penurunan kadar kolesterol jeroan sapi. Penambahan kitin dari cangkang kepiting bakau (Scylla spp) sebanyak 70 mg/5 ml larutan kolesterol etanol otak sapi merupakan konsentrasi optimum dalam menurunkan kadar kolesterol pada jeroan (otak) sapi. Beberapa saran yang dapat diberikan agar penelitian selanjutnya menjadi lebih baik dan sempurna, yaitu penerapan kitin menjadi kapsul, pengujian in vivo, penambahan variabel dan modifikasi penelitian serta pemanfaatan limbah cangkang kepiting yang intensif dalam mengatasi hiperkolesterolemik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KITIN DARI LIMBAH CANGKANG KEPITING BAKAU GENUS SCYLLA DALAM PENGIKATAN MERKURI (HG) DI PERAIRAN KRUENG SIKULAT KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (resa syafitri, 2014)

KAJIAN JUMLAH INDIVIDU DAN MORFOMETRIKRNKEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DISEKITAR HUTAN RNMANGGROVE KECAMATAN SYIAH KUALARNBANDA ACEH (AULIA AKBAR, 2015)

KEPADATAN POPULASI DAN UKURAN LAYAK PANEN KEPITING BAKAU (SCYLLA SP) DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG KILANGAN KABUPATEN ACEH SINGKIL (Sartiyana, 2018)

KELIMPAHAN KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DI KAWASAN REHABILITASI MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Desriansyah Putra, 2016)

PENGARUH LAMA WAKTU MOLTING KEPITING BAKAU (SYCLLA SERRATA) JANTAN DENGAN METODE POPEY DAN METODE ABLASI DI GAMPONG COT LAMKUWEH KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Sabrina Ayu Nani Nst, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy