//

HUBUNGAN STADIUM PENYAKIT PARU OBSTRUKSI KRONIK (PPOK) DENGAN DEPRESI PADA PASIEN PPOK YANG MENJALANI RAWAT JALAN DI POLI PARU BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PRIODE JULI 2013 – OKTOBER 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Damayanti Tridah Ayu - Personal Name

Abstrak/Catatan

Depresi adalah suatu masa terganggunya fungsi manusia yang berkaitan dengan alam perasaan yang sedih.Salah satu penyebab depresi adalah penyakit kronik. Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) merupakan penyakit kronik yang menyebabkan gangguan obstruksi saluran nafas yang menetap dan ireversible. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan stadium PPOK dengan depresi di Poli Paru RSUZA. Jenis penelitian ini analitik observasional dengan metode cross sectional yang dilaksanakan selama bulan Juli – Oktober 2013. Populasinya adalah semua pasien yang berobat di Poli Paru. Pengambilan sampel menggunakan tenik non- probability sampling dengan rancangan accidental sampling. Analisa data menggunakan uji chi-square dengan interval α (0,05).Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 100 responden diperoleh pasien PPOK stadium sedang terdapat 7 (53,3%) mengalami tingkat depresi ringan, 17 (43,3%) stadium berat mengalami depresi sedang dan 22 (45,8%) pasien stadium sangat berat mengalami depresi sedang dan berat. Setelah dilakukan uji statistik chi square menunjukan ada hubungan antara stadium PPOK dengan depresi didapatkan p value =0,002. Kesimpulan penelitian ini adalah perbedaan gejala pada setiap stadium PPOK akan mempengaruhi kualitas hidup yang menyebabkan depresi pada pasien. Kata Kunci : Stadium PPOK, Depresi, Kualitas Hidup

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STADIUM PENYAKIT PARU OBSTRUKSI KRONIK (PPOK) DENGAN DEPRESI PADA PASIEN PPOK YANG MENJALANI RAWAT JALAN DI POLI PARU BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PRIODE JULI 2013 – OKTOBER 2013 (Damayanti Tridah Ayu, 2014)

HUBUNGAN LAMA PERAWATAN PASIEN PPOK TERHADAP PERBAIKAN FUNGSI PARU DI RUANG RAWAT INAP PARU RSUDZA BANDA ACEH (Evans Rizqan Hendrawan, 2016)

HUBUNGAN PENYAKIT PARU OBSTRUKSI KRONIK (PPOK) TERHADAP RISIKO OBSTRUCTIVE SLEEP APNEA (OSA) DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Zati Hasyyati Ali, 2017)

PENYEBAB LAMA RAWAT INAP PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKSI KRONIK DI SMF PULMONOLOGI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JUNI - DESEMBER 2011 (Winda Madarahmi, 2014)

HUBUNGAN GAMBARAN SPIROMETRI DAN SKOR COPD ASSESSMENT TEST (CAT) PADA PASIEN PPOK DI POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JULI-OKTOBER 2014 (Nurul Apla Wizaya Syahputri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy