//

ANALISIS NILAI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA RUAS JALAN PERKOTAAN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amanda Farahdiba Rida Firdaus - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ekivalensi Mobil Penumpang adalah faktor konversi berbagai jenis kendaraan menjadi mobil penumpang. Fungsi angka ekivalensimobi penumpang adalah menyeragamkan arus lalu lintas heterogen ke dalam arus lalu lintas homogen. Besarnya nilai ekivalensi mobil penumpang setiap jenis kendaraan berbeda untuk setiap ukuran, karena setiap ruas jalan memiliki karakteristik lalu lintas dan kondisi geometrik yang berbeda. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Teuku Iskandar yang termasuk jalan dua jalur dua arah tidak terbagi (2/2UD). Lokasi penelitian ini merupakan penggunaan lahan campuran yaitu area perbelanjaan, perkantoran serta pendidikan sehingga banyak masyarakat yang mengakses jalan tersebut.Tujuan penelitian ini adalah mencari nilai atau angka ekivalensi mobil penumpang yang diperoleh pada ruas jalan perkotaan dan membandingkan dengan nilai ekivalensi mobil penumpang MKJI 1997. Metode pengumpulan data yaitu data volume lalu lintas dan geometrik jalan dilakukan selama dua hari pada jam puncak pagi dan sore hari dengan interval 5 menit per 1 jam. Dalam menganalisis nilai ekivalensi mobil penumpang digunakan analisa regresi linear berganda dengan peubah bebas (X) yaitu kendaraan berat dan sepeda motor dan peubah tidak bebas (Y) yaitu kendaraan ringan. Untuk memudahkan perhitungan digunakan bantuan software SPSS. Koefisien regresi b1 dan b2 merupakan ekivalensi mobil penumpang yang dicari. Setelah nilai ekivalensi mobil penumpang didapatkan data tersebut diuji korelasi yaitu untuk melihat apakah nilai peubah bebas tersebut mempunyai korelasi dengan peubah tidak bebas, dalam hal ini nilai korelasi yang diinginkan bernilai positif r > 0. Hasil analisa nilai ekivalensi mobil penumpang Jalan Teuku Iskandar (2/2 UD)diperoleh MC = 0,82 dan HV = 1,6.Sedangkan berdasarkan MKJI 1997 diperoleh MC = 0,25 dan HV = 1,2. Kata kunci: Ekivalensi mobil penumpang, regresi linier berganda.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN NILAI EKIVALEN MOBIL PENUMPANG PADA RUAS JALAN PERKOTAAN T.NYAK ARIEF DI JEULINGKE KOTA BANDA ACEH (AL IMAM ASSAUQI, 2015)

STUDI ULANG NILAI EKIVALEN MOBIL PENUMPANG PADA RUAS JL. TGK. DAUD BEUREUEH KOTA BANDA ACEH (Muhammad Al-Barry, 2014)

STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANGRNPADA SIMPANG BERSINYAL BERLENGAN EMPATRNDI KOTA BANDA ACEH (Ika yusra, 2014)

STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL DENGAN LENGAN EFEKTIF MULTI LAJUR DI BANDA ACEH (Saifannur, 2016)

STUDI BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN RUAS JALAN SIMPANG WER LAH – SIMPANG LANCANG KABUPATEN BENER MERIAH (Mudji Burrahman, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy