//

PENGUJIAN SISTIM PENGERING KULIT SAPI MENGGUNAKAN HIBRID KOLEKTOR SURYA DAN BAHAN BAKAR GAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Firrahmawanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dari keseluruhan produk sampingan hasil pemotongan ternak, kulit merupakan produk yang memiliki nilai ekonomis. Salah satu pemanfaatan kulit digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerupuk rambak pada home industri. Proses pengeringan secara alami yang diperlukan untuk mengeringkan kulit sapi sebagai bahan baku pembuatan kerupuk rambak pada home industri mempunyai beberapa kekurangan seperti waktu yang lama, debu, pengaruh cuaca, sehingga memperlambat proses produksi dan mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan menggunakan alat pengering hibrid kolektor surya dan bahan bakar gas. Tujuan penelitian ini untuk mempercepat proses pengeringan kulit sapi dan mengetahui perbandingan antara pengeringan alami dengan pengeringan menggunakan alat pengering. Ada 3 metode pengeringan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan kolektor surya, hibrid kolektor surya dan bahan bakar gas,dan pengeringan alami. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kadar air rata-rata yang tersisa 43 %, pengeringan menggunakan hibrid kolektor surya dan bahan bakar gas membutuhkan waktu selama 12,5 jam untuk mengeringkan bahan 5 kg kulit sapi, menggunakan kolektor surya membutuhkan waktu selama 17 jam untuk mengeringkan 5 kg kulit sapi, pengeringan alami membutuhkan waktu selama 34 jam untuk mengeringkan 5 kg kulit sapi. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa alat pengering ini cukup efektif dan efisien untuk digunakan sebagai peralatan pengeringan kulit sapi. Kata kunci : Energi Hibrid, Pengeringan, Kolektor Surya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KARAKTERISTIK PERALATAN PENGERING HYBRID( ENERGI SURYA DAN GAS LPG ) UNTUK PENGERINGAN BIJI KAKAO (misswar abd, 2016)

UJI SISTEM PENGERINGAN BIJI KAKAO MENGUNAKAN HIBRID ENERGI BERUPA ENERGI MATAHARI DAN BAHAN BAKAR (Nanda Saputra, 2016)

STUDI SISTEM PENGERINGAN IKAN DENGAN ENERGI HIBRID (ENERGI MATAHARI DAN ENERGI BAHAN BAKAR) (arief zaini, 2015)

KAJIAN SISTEM PENGERINGAN IKAN DENGAN METODE HYBRID (ENERGI SURYA DAN ENERGI BAHAN BAKAR GAS) (Muhammad Hatta, 2018)

ANALISA PENYERAPAN PANAS PADA KOLEKTOR SURYA UNTUK PENGERINGAN BIJI KAKAO (SYAIKHUL AKBAR, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy