//

ANALISIS KONTRIBUTOR UTAMA PENENTU PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH PERKOTAAN DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD HAFIT - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Kontributor Utama Penentu Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Perkotaan di Aceh. Nama : Muhammad Hafit NIM : 1001101010091 Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Cut Zakia Rizki, SE, M.Si Konsentrasi : Ekonomi Regional dan Perkotaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontributor utama penentu pertumbuhan ekonomi wilayah Kota Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, Langsa, dan Subulussalam. Penelitian ini menggunakan data PDRB Kota Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, Langsa, dan Subulussalam, yaitu yang terdiri dari sembilan sektor utama tersebut yaitu; pertanian; pertambangan dan penggalian; industri pengolahan; listrik, gas, dan air minum; perdagangan, hotel dan restoran; pengangkutan dan komunikasi; Keuangan, persewaan dan jasa perusahaan; serta Jasa-jasa. Data tersebut yaitu pada periode 2007-2013. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis shift share. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, selama periode pengamatan tahun 2007-2013, untuk kelima kota pengamatan maka diperoleh masing-masing nilai PS, P dan D bervariasi pada sektor-sektor tertentu. Selanjutnya Kota Banda Aceh, Sabang, Langsa tidak mengalami pergeseran kontributor utamanya yaitu pada sektor tersier. Kondisi tersebut sesuai dengan teori struktur perekonomian modern. Sedangkan Kota Lhokseumawe telah mengalami pergeseran kontributor utamanya, dari sektor sekunder ke sektor tersier. Begitu juga dengan Kota Subulussalam dari sektor primer ke sektor tersier. Kondisi tersebut sesuai dengan teori struktur ekonomi peralihaan dari tradisional ke modern. Kata kunci: kontributor utama, pertumbuhan ekonomi, shift share.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PARTISIPASI SEKOLAH, FERTILITAS DAN PARTISIPASI ANGKATAN KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH PERKOTAAN PROVINSI ACEH (Anjar Asmara, 2017)

ANALISIS KETERTARIAKN MASYARAKAT UNTUK TINGGAL DI DAERAH TERIMBAS TSUNAMI STUDI KASUS: GAMPONG LAMPULO KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD REZA, 2018)

ESTIMASI KEBUTUHAN LAHAN PEMAKAMAN DI WILAYAH PERKOTAAN: STUDI KASUS KOTA BANDA ACEH (NUBUWAT FARHAN, 2016)

ANALISIS DAMPAK KETIMPANGAN PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH TERHADAP KEMISKINAN DI WILAYAH BARAT SELATAN PROVINSI ACEH (Yuwanda Irmiyanti, 2017)

KONSUMSI ENERGI LISTRIK, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENDUDUK TERHADAP EMISI GAS RUMAH KACA PEMBANGKIT LISTRIK DI INDONESIA (Teuku Bahran Basyiran, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy