//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHA KECIL MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT RELITA AFRIANDA - Personal Name
SubjectEMPLOYMENT
BUSINESS ENTERPRISE-ECONOMIC
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA USAHA KECIL MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH Oleh : Cut Relita Afrianda Nim : 1109200010055 Pembimbing: 1. Dr. Sofyan Syahnur, SE, M.Si 2. Dr. Asmawati, M.Si ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada Usaha Kecil Menengah di Kota Banda Aceh. Usaha Kecil Menengah dapat dijadikan sebagai salah satu usaha yang strategis dalam mencapai pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran, dimana jumlah permintaan kerja akan terus meningkat. penelitian ini lebih dititik beratkan pada pengaruh modal, tingkat upah, nilai produksi dan lama usaha terhadap penyerapan tenaga kerja. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan cara wawancara secara langsung kepada responden dengan daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Ada 100 responden pengusaha unit usaha kecil menengah meliputi sektor industri 42, perdagangan 23 dan aneka jasa 35 yang menjadi objek penelitian. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan Metode Ordinary Least Square (OLS), dan diestimasikan menggunakan SPSS versi 20, Berdasarkan hasil estimasi koefesien regresi dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel independen yang meliputi nilai produksi dan lama usaha mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Sedangkan variabel modal dan tingkat upah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Banda Aceh. Kata kunci : Modal, Tingkat Upah, Nilai produksi, Lama Usaha.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA INDUSTRI KECIL MENENGAH FURNITURE KAYU DI KOTA BANDA ACEH (ANNISAA MAULYA RIZKI, 2016)

ANALISIS PENGARUH INVESTASI SEKTOR INDUSTRI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA SEKTOR INDUSTRI DI PROVINSI ACEH (Reza Syuhada, 2013)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL DI KOTA BANDA ACEH (Riza Umary, 2015)

ANALISIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR PERDAGANGAN DI KOTA BANDA ACEH (T. Sultan Mulia Nurrahman, 2017)

PERKEMBANGAN INDUSTRI KECIL-MENENGAH (IKM) DI KOTA BANDA ACEH, 1987-2014 (MURDIANI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy