//

IDENTIFIKASI SEBARAN LINDI DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) GAMPONG JAWA MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Abdul Razaq - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi sebaran lindi menggunakan metode resitivitas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa, Banda Aceh. Pengukuran data di lapangan dilakukan menggunakan ARES pada ± 50 m dari setiap sisi gunungan sampah dengan membentangkan 5 lintasan pengukuran resistivitas dengan panjang bentangan antara 90-190 m. Pengukuran dengan menggunakan konfigurasi Wenner-Schlumberger dengan konsep mapping dan sounding yang diharapkan dapat memetakan sebaran lindi. Pengolahan data dilakukan menggunakan Res2Dinv untuk mendapatkan citra 2D. Hasil pengukuran didapatkan nilai resistivitas bawah permukaan pada lintasan penelitian berkisar antara 0.3 – 36 Ωm. Hasil interpretasi data pada lintasan 1 menunjukkan bahwa sebaran lindi terdapat pada kedalaman 6 – 38 meter, lintasan 2 pada kedalaman 1.3 – 20 meter, lintasan 3 pada kedalaman 1.3 – 28 meter, lintasan 4 pada kedalaman 7 – 11 meter, dan lintasan 5 pada kedalaman 8 – 19 meter. Hal ini menunjukkan pada lapisan permukaan perlu dilakukan perencanaan yang baik untuk menghindari aliran lindi yang lebih besar. Kata Kunci: Lindi, Geolistrik, Resistivitas, Wenner-Schlumberger, TPA Gampong Jawa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMUNITAS PLANKTON DI KOLAM PENAMPUNGAN AIR LINDI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR GAMPONG JAWA KOTA BANDA ACEH (Sri Rezki Ramadhani, 2016)

PENDAPATAN PEMULUNG DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) DI GAMPONG JAWA BANDA ACEH (Vera Mita, 2016)

ANALISA KELAYAKAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH KELURAHAN GAMPONG JAWA, BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Ridha Akbar, 2016)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK PADA STUDI PERLAPISAN RESISTIVITAS DI KAWASAN TPA GAMPONG JAWA (Badrul Munir, 2014)

IDENTIFIKASI TIMBULNYA KAWASAN KUMUH DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS : GAMPONG JAWA, KECAMATAN KUTARAJA, BANDA ACEH) (SUSI ARDILLA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy