//

ANALISIS RESPON MEDAN MAGNETIK DI KAWASAN PANAS BUMI JABOI, KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Miranda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Energi panas bumi merupakan energi yang terbentuk akibat adanya akibat adanya aktivitas gunung api atau magma di bawah permukaan sebagai sumber panas. Energi panas yang berasal dari sumber panas tersebut tersalurkan melalui batuan dan fluida di bawah permukaan dan sebagian teralterasi hingga ke permukaan yang disebut manifestasi panas bumi. Akibat proses pemanasan tersebut, batuan bawah permukaan akan mengalami demagnetisasi. Salah satu metode geofisika yang dapat mengukur nilai kemagnetan batuan bawah permukaan adalah metode magnetik. Dengan menggunakan metode magnetik maka dapat diketahui daerah-daerah yang mengalami demagnetisasi. Penelitian ini dilakukan di daerah panas bumi Jaboi, Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Pengukuran dilakukan pada 77 titik dengan menggunakan Proton Precession Magnetometer (PPM). Daerah panas bumi Jaboi berada pada sudut inklinasi -6.643 dan pada sudut deklinasi -0.887 yang memiliki nilai medan magnetik total berkisar antara 41916.33 - 42009.28 nT. Nilai anomali magnetik yang diperoleh dari hasil koreksi medan magnet bumi dan koreksi diurnal pada data hasil pengukuran di daerah panas bumi Jaboi berkisar 0 - 560 nT. Dari hasil pemodelan 2D menggunakan software Mag2DC, diperoleh model 2D bawah permukaan, yaitu lapisan teratas adalah topsoil dengan suseptibilitas berkisar antara 0 - 0.0096, kemudian lapisan tufa dengan suseptibitias berkisar antara 0.0291 - 0.0335, kemudian lapisan breksi-tufa dengan suseptibilitas berkisar antara 0.0309 - 0.0452, kemudian lapisan breksi-vulkanik dengan suseptibilitas berkisar antara 0.1856 - 0.2160 dan lalu lapisan andesit dengan suseptibilitas berkisar antara 0.3158 - 0.3127.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS RESPON MEDAN MAGNETIK DI KAWASAN PANAS BUMI JABOI, KOTA SABANG (Rizka Miranda, 2016)

PEMETAAN BAWAH PERMUKAAN MANIFESTASI PANAS BUMI IE JU BERDASARKAN DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL PEMETAAN BAWAH PERMUKAAN MANIFESTASI PANAS BUMI IE JU BERDASARKAN DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL (SITI FATIMAH, 2018)

PENDUGAAN RESERVOIR SISTEM PANAS BUMI BERDASARKAN ANOMALI MAGNETIK PADA KAWASAN GUNUNG API JABOI, SABANG (RAHMAD FAUZI, 2018)

INTERPRETASI DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL PADA KAWASAN POTENSI PANASBUMI IE JU (CUT AFRIYANA SARY, 2015)

INTERPRETASI DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL PADA LAPANGAN PANAS BUMI BURNI GEUREUDONG (Taufiq Arifan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy