//

ANALISIS PETROFISIKA DAN ESTIMASI CADANGAN HIDROKARBON AWAL PADA SUMUR RM-1 DAN RM-2 LAPANGAN “CTR”, ACEH TAMIANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Andhika - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkiraan cadangan awal hidrokarbon merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan serta perencanaan produksi. Salah satu cara untuk mengetahui cadangan awal hidrokarbon adalah melakukan analisis petrofisika. Analisis petrofisika sangat berguna untuk mengidentifikasi reservoar serta menghitung cadangan awal hidrokarbon ditempat dengan mempelajari sifat batuan seperti porositas, kandungan lempung dan saturasi air. Dalam penelitian ini dilakukan analisa petrofisika pada 2 data sumur lapangan “CTR”, Aceh Tamiang. Parameter kandungan lempung dihitung berdasarkan kurva Log Gamma ray. Porositas efektif dihitung berdasarkan data Log densitas-neutron. Sedangkan parameter saturasi air dihitung menggunakan metode Archie dan Simandoux serta cadangan hidrokarbon awal dihitung pada luasan area radius antar sumur. Dari hasil analisis petrofisika mengindikasikan bahwa kandungan lempung pada zona reservoar lapangan “CTR”, Aceh Tamiang sekitar 0% hingga 46%, Porositas target berkisar 12% hingga 48% serta saturasi air 47% hingga 69%. Berdasarkan parameter tersebut diperoleh estimasi cadangan hidrokarbon awal pada sumur RM-1 dan sumur RM-2 lapangan “CTR”, Aceh Tamiang berjumlah 17.656.949 bbl.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PETROFISIKA UNTUK MENDAPATKAN KARAKTERISTIK BATUAN RESERVOIR DAN PENENTUAN ORIGINAL OIL IN PLACE PADA SUMUR “NZ” (Muhammad Nabil Ezra, 2016)

DRY HOLE ANALYSIS PADA LAPANGAN PENOBSCOT, NOVA SCOTIA, KANADA DENGAN MENGGUNAKAN DATA SUMUR DAN DATA SEISMIK YANG TERINTEGRASI DENGAN PETROLEUM SYSTEM (Al Muyasir, 2016)

PEMODELAN NILAI KECEPATAN PADA KONVERSI KEDALAMAN UNTUK PERBANDINGAN PERHITUNGAN CADANGAN HIDROCARBON DI LAPANGAN LAUT UTARA BLOK F3 BELANDA (Rizni wahyuni, 2016)

ANALISA PENENTUAN TOTAL ORGANIC CARBON (TOC) DAN BRITTLENESS INDEX (BI) DALAM PENENTUAN HIDROKARBON PADA DAERAH "OM", CEKUNGAN SUMBAGUT (Muhammad Afdhal, 2016)

PEMETAAN BAWAH PERMUKAAN POLA PENYEBARAN LITOLOGI DARI ZONA FS1-MFS4 DI LAPANGAN “RV24” NETHERLANDS OFFSHORE F3 BLOCK MENGGUNAKAN DATA SEISMIK DAN DATA LOG (Reva Muliarma Muslim, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy