//

KARAKTERISTIK AGRONOMIS DAN PRODUKTIVITAS BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) INTRODUKSI PADA MUSIM TANAM GADU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang jufriyadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

KARAKTERISTIK AGRONOMIS DAN PRODUKTIVITAS BEBERAPA VARIETAS PADI (Oryza sativa L.) INTRODUKSI PADA MUSIM TANAM GADU OLEH JUFRIYADI 1105101050087 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik dan produktivitas beberapa varietas tanaman padi introduksi pada musim tanam gadu. Penelitian dilaksanakan di lahan sawah Balai Benih Terpadu Samahani Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, berlangsung pada Mei sampai Oktober 2015. Bahan yang digunakan dalam penelitian adalah varietas Wangzhan 1, Louhui 1, IRBB 27, IR64 (sub 1), Zhong zhan 2, Yinzhan 1, Chaozhan, Zhong Zhan 1, Miao Zhan, pupuk anorganik dan insektisida. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) nonfaktorial dengan 3 ulangan. Perlakuan varietas terdiri atas 9 varietas, dengan demikian terdapat 27 unit percobaan. Peubah yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah anakan, umur berbunga, umur panen, jumlah malai, panjang malai, berat 1000 butir, potensi hasil, persentase gabah hampa dan gabah berisi per rumpun. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman padi tertinggi pada varietas Louhui 1 dan Wangzhan 1, sedangkan jumlah anakan terbanyak pada varietas IR64. Umur berbunga paling cepat pada varietas IR 64, Zhongzhan 2, Choazhan dan Miaozhan, sedangkan umur panen tercepat pada varietas Wangzhan 1, Louhui 1, IRBB 27 dan Yinzhan 1. Jumlah malai terbanyak pada varietas Yinzhan 1 sedangkan panjang malai pada varietas Louhui 1. Berat 1000 butir gabah terberat pada varietas Wangzhan 1. Persentase berat gabah hampa terbanyak pada varietas IR 64, sedangkan persentase berat gabah berisi terbanyak pada varietas IRBB 27. Produksi tanaman per hektar terbanyak didapatkan pada varietas Wangzhan 1 dan Louhui 1 dengan produksi per hektar yaitu 8,79 - 8,85 ton. Kata Kunci : Musim Tanam, Padi, Pertumbuhan dan Hasil

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS BEBERAPA GALUR TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) PADA MUSIM TANAM GADU (Ahmad Amri, 2016)

PERUBAHAN MORFO-AGRONOMIS TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) PADA KONDISI KEKERINGAN (Risdayanti, 2016)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS BEBERAPA VARIETAS PADI ( ORYZA SATIVA L. ) INTRODUKSI DAN GALUR POTENSIAL PADA MUSIM GADU SKRIPSI (KOMIA PASI, 2019)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIFITAS BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) INTRODUKSI DAN GALUR POTENSIAL PADA DUA MUSIM TANAM (FERI ALFIAN, 2016)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) INBRIDA INTRODUKSI PADA MUSIM TANAM PENGHUJAN (Lizarmi, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy