//

PELAKSANAAN PEMUNGUTAN RETRIBUSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR ANGKUTAN UMUM DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI TASYA FABYOLLA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Putri Tasya Fabyolla, PELAKSANAAN PEMUNGUTAN RETRIBUSI 2016 PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR ANGKUTAN UMUM DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDA ACEH Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v, 53) pp,. tabl,. bibl. (DR. Mahdi Syahbandir,S.H,.M.Hum.) Pelaksanaan pemungutan retribusi pengujian kendaraan bermotor di Kota Banda Aceh didasarkan pada ketentuan Qanun Nomor 5 tahun 2012 tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor. Pasal 8 Qanun Nomor 5 Tahun 2012 tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor menjelaskan bahwa kendaraan bermotor jenis mobil penumpang umum, mobil bus, mobil barang, dan kendaraan roda 3 merupakan objek retribusi pengujian kendaraan bermotor, sehingga masyarakat pemilik kendaraan yang tergolong dalam jenis objek kendaraan bermotor tersebut wajib melakukan pengujian kendaraan bermotor. Di Kota Banda Aceh terdapat 11.599 unit kendaraan bermotor yang wajib melakukan pengujian, namun hanya 3.908 unit yang melakukan pengujian. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan pelaksanaan pemungutan retribusi pengujian kendaraan bermotor di Kota Banda Aceh, dan sanksi yang diberikan kepada pengguna kendaraan bermotor yang tidak melakukan pengujian terhadap kendaraannya, serta upaya yang ditempuh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan pemungutan retribusi pengujian kendaraan bermotor. Untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini, dilakukan penelitian kepustakaan dan lapangan. Untuk mendapatkan data sekunder dilakukan dengan cara membaca peraturan perundang–undangan, karya ilmiah, pendapat para sarjana, buku-buku dan artikel. Penelitian lapangan dilakukan untuk mendapatkan data primer yang berhubungan dengan penelitian ini melalui wawancara dengan responden dan informan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat kendaraan bermotor yang tidak melaksanakan pengujian, sehingga menyebabkan retribusi yang diperoleh dari pengujian tersebut tidak mencapai target. Adapun sanksi yang diberikan kepada masyarakat yang tidak melakukan pengujian pada saat dilakukan razia yaitu dapat diselesaikan secara langsung dan penyelesaian pada jalur persidangan, hal ini menyebabkan masyarakat lebih memilih opsi men yelesaikan langsung pada saat terjaring razia, sehingga tidak meni mbulkan efek jera dan subjek retribusi tidak melakukan pengujian terhadap kendaraannya. Upaya yang dilakukan oleh dinas perhubungan komunikasi, dan informatika dalam meminimalisir kendaraan yang tidak melakukan pengujian hanya dengan melakukan razia, dan sanksi yang diterapkan juga terlihat tidak efektif. Disarankan kepada Pemerintah Kota Banda Aceh untuk meningkatkan pengawasan di lapangan. Memberikan sanksi yang dapat menimbulkan efek jera terhadap subjek retribusi, serta terus melakukan evaluasi terhadap aturan yang menjadi salah satu faktor utama penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KONTRIBUSI PENERIMAAN RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN/KEBERSIHAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA BANDA ACEH (YASNIVA, 2015)

ANALISIS PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR (BBNKB) SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN PIDIE (RAKHMAD RINALDI WAHFAR, 2016)

METODE PENETAPAN DAN PENGHITUNGAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PENDAPATAN DAN KEKAYAAN ACEH (DPKA) (MUHAMMAD REZHA FAHLEVI, 2015)

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH TAHUN 2011-2015 (Mulyana Utami, 2017)

KONTRIBUSI RETRIBUSI PARKIR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (sutia wirna, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy