//

MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM “AKAI BANG RUSLI” DALAM MENJAGA EKSISTENSI PADA STASIUN TELEVISI LOKAL ACEHTV

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadia Putri Meditarian - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Manajemen Produksi Program “Akai Bang Rusli” dalam Menjaga Eksistensi pada Stasiun Televisi Lokal AcehTV. Manajemen program bertujuan untuk mengelola operasionalisasi produksi program yang akan disiarkan secara kreatif dan dinamis, serta menghasilkan berbagai program siaran yang diminati oleh sebagian besar penonton atau pemirsa. Kondisi dan perubahan teknologi yang semakin canggih serta perubahan zaman yang semakin cepat, menghadirkan dan menjaga eksistensi suatu program acara yang dikemas dengan budaya daerah setempat bukan hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memproduksi suatu program agar eksistensinya dapat terjaga. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manejemen produksi program yang diterapkan pada program “Akai Bang Rusli” dalam menjaga eksistensi pada stasiun televisi lokal AcehTV. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori manajemen media yang dikemukakan oleh Hersey dan Blanchard (Albarran, 2002:19), dengan fokus penelitian manajemen program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan evaluatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi nonpartisipan, dokumentasi, dan wawancara terhadap beberapa informan penelitian. Wawancara tersebut dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu menentukan informan berdasarkan sejumlah kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen produksi program yang diterapkan dalam program acara “Akai Bang Rusli” berjalan secara normatif dan sesuai dengan standar broadcasting sebuah televisi lokal. Manajemen yang diterapkan meliputi tahap perencanaan program, produksi program, eksekusi program, evaluasi dan pengawasan program. Manajemen yang diterapkan tersebut merupakan faktor pendukung program acara “Akai Bang Rusli” bertahan sampai sekarang, faktor lainnya yaitu karena “Bang Rusli” yang menjadi icon dalam program tersebut, sehingga program ini menjadi salah satu program unggulan dan program acara yang paling eksis di AcehTV. Kata kunci: Manajemen Produksi Program, “Akai Bang Rusli”, Eksistensi Program.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN SIARAN TELEVISI DAN PERANNYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI ACEH (1982-2015) (Cut Nazly Amelia, 2017)

STASIUN TELEVISI SWASTA DI BANDA ACEH TEMA: ARSITEKTUR MODERN FUNGSIONALISME (Fakhrul riza, 2013)

MANAJEMEN MEDIA ACEH TV DALAM MEMPRODUKSI PROGRAM BERITA “ACEH UROE NYOE” (Muhammad Fadhil Edi, 2016)

ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM BERITA “SEPUTAR ACEH” DI RCTI ACEH (An Nisa Dian Rahma, 2017)

PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KOMUNIKASI RNDAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA RNSERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK (LPP) TELEVISI RNREPUBLIK INDONESIA (TVRI) STASIUN ACEH (CUT NURMARITA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy