//

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Misbahul Jannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Menopause adalah peristiwa alami yang ditandai dengan berhentinya menstruasi secara fisiologis yang disebabkan oleh hilangnya fungsi folikel sel telur. Wanita yang memasuki usia menopause akan mengalami penurunan hormon estrogen dan progesteron sehingga akan timbul keluhan-keluhan, baik keluhan somatik, psikologis maupun urogenital. Keluhan tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan dapat menurunkan kualitas hidupnya. Penggunaan kontrasepsi hormonal memiliki keterkaitan dengan penurunan tingkat keluhan menopause. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat keluhan menopause pada wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal dengan wanita yang tidak menggunakan kontasepsi hormonal serta mencari hubungan antara lama penggunaan kontrasepsi hormonal dengan tingkat keluhan meopause. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional menggunakan rancangan cross sectional. Sampel dipilih sebanyak 74 orang wanita menopause di Desa Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh dengan metode quota sampling, mulai Juli 2013 hingga Maret 2014. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terstruktur menggunakan kuisioner Menopause Rating Scale (MRS). Penelitian ini dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dan uji Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat keluhan menopause wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal dengan wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal (p=0,017), dan tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara lama penggunaan kontrasepsi hormonal dengan tingkat keluhan menopause (p=0,827). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan kontrasepsi hormonal baik oral atau injeksi sebelum memasuki usia menopause dapat meringankan keluhan menopause yang dialami wanita tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Misbahul Jannah, 2016)

DAMPAK PEMAKAIAN KONTRASEPSI HORMONAL DAN NON HORMONAL TERHADAP USIA RATA-RATA MENOPAUSE (Arinda Calvine Santoso, 2015)

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI PROTEIN HEWANI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK BALITA DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIZKI AKMALIDA, 2015)

HUBUNGAN UMUR, PENDIDIKAN, PENGETAHUAN, KEPATUHAN AKSEPTOR KB DAN RIWAYAT PENYAKIT LAINNYA DENGAN KEGAGALAN KONTRASEPSI HORMONAL DI PUSKESMAS KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR PERIODE OKTOBER-NOVEMBER 2012 (Ferra Yanti, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, PENDIDIKAN DAN AKSEPTABILITAS DENGAN PEMAKAIAN INTRA UTERINE DEVICE DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (Lia Anggraini, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy