//

Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Harga Diri Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan Kota Banda Aceh

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Elfira - Personal Name
SubjectSELF - ESTEEM - APPLIED PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH Cut Elfira ABSTRAK Lingkungan sosial yang terdiri dari keluarga, teman-teman dan sekolah, memengaruhi perkembangan harga diri remaja. Hal ini juga dapat terjadi pada remaja panti asuhan yang mengalami perubahan dan perkembangan sosial. Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial dengan harga diri remaja yang tinggal di panti asuhan. Sampel penelitian adalah remaja panti asuhan Kota Banda Aceh sebanyak 62 orang. Adapun karakteristik sampel penelitian ini adalah remaja berusia 13-18 tahun dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan serta bertempat tinggal di panti asuhan di Banda Acehdantinggal menetap di panti asuhan minimal satu tahun. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Skala Harga Diri dari Rosenberg (dalam Guindon, 2010) dan Skala DukunganSosial yang disusun oleh peneliti sendiri berdasarkan teori dari Sarafino (1996). Analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson product moment menunjukkan r = 0.040 dengan p= 0.758 (p< 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan harga diri pada remaja yang tinggal di panti asuhan Kota Banda Aceh. Kata kunci : Harga diri, dukungan sosial, remaja yang tinggal di panti asuhan, Banda Aceh CORRELATION BETWEEN SOCIAL SUPPORT AND SELF ESTEEMOFADOLESCENTS LIVING IN ORPHANAGE Cut Elfira ABSTRACT Social environment that consist of a family friend and school influence the development of self esteem. It can also occur in adolescent of orphanage that change and social development. This study aim to reveal wether there is a correlation between social support with adolescent self esteem living in orphanages. The sample of research was adolescents of orphanage in Banda Aceh is 62 people. As for the characteristic of the sample in this research were adolescents aged 13-18 years old, it’s male and female, and also living at an orphanage in Banda Aceh and stay there for at least 1 years. The method of data collection using the self-esteem scale of Rosenberg (in Guindon, 2010) and social support scale prepare by researcher based the theory of Sarafino (1996). The data analysis using Pearson correlation product moment method mean r = 0.040 with p = 0.758 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN HARGA DIRI REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH (Cut Elfira, 2013)

PERBEDAAN KONSEP DIRI ANTARA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN COTTAGE DENGAN REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ASRAMA (Misanti, 2015)

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH (Bella Anugrah Fitri, 2015)

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN OPTIMISME MENGHADAPI MASA DEPAN PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN (wenny aidina, 2013)

HUBUNGAN ANTARA KASIH SAYANG DAN PERHATIAN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN PUTRI AL-KAZEM ACEH BESAR (Ati Winarni, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy