//

PEMODELAN PERTUMBUHAN PIT PADA BAJA AISI 304 MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Haris - Personal Name

Abstrak/Catatan

Korosi sumuran merupakan salah satu penyebab kekuatan fatik suatu logam menurun. Penelitian sebelumnya menunjukkan hasil bahwa kegagalan fatik baja AISI 304 pada tegangan siklik rendah di dominasi oleh pertumbuhan pit hingga 90%. Penelitian ini difokuskan pada kajian distribusi tegangan di beberapa jenis bentuk pit dan pengembangan model pertumbuhan pit menggunakan metode elemen hingga. Bentuk dan geometri spesimen merujuk pada standar ASTM E-466 dan disimulasikan pada software ANSYS Rel 14.0. Jenis pit yang dikaji distribusi tegangannya ialah jenis wide shallow, vertical attack, elliptical, narrow-deep, undercutting, horizontal attack, dan subsurface. Sedangkan untuk pemodelan pertumbuhan pit menggunakan jenis wide shallow pit. Geometri pit merujuk pada penelitian sebelumnya. Hasil simulasi pada kajian distribusi tegangan pada jenis – jenis pit menunjukkan bahwa pit dengan jenis wide shallow merupakan jenis pit dengan perubahan tegangan (Von mises stress, max shear stress, max principal stress) terendah jika dibandingkan dengan spesimen yang tidak memiliki pit. Sedangkan jenis pit yang mengalami kenaikan tegangan tertinggi terjadi pada pit dengan jenis subsurface. Hasil pemodelan pertumbuhan pit menunjukkan bahwa semakin besar dimensi pit maka pertumbuhan pit selanjutnya lebih besar. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa bentuk pit mempengaruhi distribusi tegangan dan pertumbuhan pit selanjutnya pada spesimen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN KURVA POLARISASI BAJA AISI 304 AKIBAT BEBAN SIKLIK DALAM MEDIA AQUADES (M. Ridho Rahman, 2016)

PENGARUH ANNEALING PASCA PENGELASAN TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTURMIKRO PADA SAMBUNGAN AISI 1018 DAN AISI 308 (Kharisma Permana, 2018)

PEMODELAN PERTUMBUHAN PIT PADA BAJA AISI 304 MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM) (Haris, 2016)

SIMULASI EFEK GALVANIK PADA BAJA KARBON SEDANG HASIL TEMPERING MENGGUNAKAN BOUNDARY ELEMENT METHODE (BEM)-3D (M.iqbal, 2017)

ANALISIS KEAUSAN DAN UMUR PAHAT HSS (HIGH SPEED STEEL) DENGAN BENDA KERJA BAJA KARBON SEDANG (MEDIUM CARBON STEEL) MENGGUNAKAN MESIN BUBUT KNUTH COMPASS 200/2000 (Zul Pakriadi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy