//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS REGULER DI BLUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang suci maghfirah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hemodialisis adalah suatu terapi pengganti ginjal dengan mengalirkan darah ke dalam suatu tabung ginjal buatan (dialiser) yang terdiri dari dua kompartemen yang terpisah. Di dunia prevalensi penyakit ginjal tahap akhir (PGTA) yang menjalani hemodialisis adalah 398.851 orang. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kualitas hidup pada pasien yang menjalani hemodialisis regular adalah dukungan keluarga. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien yang menjalani hemodialisis regular di instalasi dialisis BLUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling sebanyak 70 responden yang dilakukan pada tanggal 16 September sampai 30 November 2013. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara melalui kuesioner dukungan keluarga dan SF-36 yang masing-masing terdiri dari 12 pertanyaan dan 36 pertanyaan. Data dianalis menggunakan metode bivariat yaitu uji chi square dengan confidence interval 95% dan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien HD dengan p= 0,005. Pasien hemodialisis yang mendapat dukungan keluarga baik cenderung 2,6 kali akan mempunyai kualitas hidup yang baik. Kata kunci: Dukungan Keluarga, Kualitas Hidup, Hemodialisis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS REGULER DI BLUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (suci maghfirah, 2016)

PENGARUH USIA TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nia Wahyuni Harti, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN (Raudhatul Jannah, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rozalia Zainab, 2015)

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Virdayani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy