//

ANALISIS BAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTSS LAM UJONG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LASMY - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul Analisis Bahasa Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTsS Lam Ujong Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penggunaan kalimat deklaratif oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsS Lam Ujong, (2) bagaimanakah penggunaan kalimat interogatif oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsS Lam Ujong, dan (3) bagaimanakah penggunaan kalimat imperatif oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsS Lam Ujong. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan kalimat deklaratif oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsS Lam Ujong, (2) mendeskripsikan penggunaan kalimat interogatif oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsS Lam Ujong, dan (3) mendeskripsikan penggunaan kalimat imperatif oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsS Lam Ujong. Sumber data penelitian ini adalah bahasa guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTsS Lam Ujong. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik dasar sadap, teknik lanjutan simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah (1) menyeleksi data yang sudah ditranskripsikan dalam bentuk tulisan, (2) mengklasifikasi data berdasarkan jenis kalimat, dan (3) analisis data dengan mendeskripsikan jumlah dan penggunaan kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa guru di MTsS Lam Ujong menggunakan kalimat yang singkat dan mudah dipahami siswa. Akan tetapi, bahasa yang digunakan cenderung statis. Selain itu, guru juga menggunakan kata tidak baku dan bahasa Aceh dalam pembelajaran. Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang paling banyak dituturkan oleh guru terdiri dari empat maksud, yaitu (1) untuk menyampaikan informasi faktual, (2) untuk menyatakan keputusan atau penilaian, (3) untuk menyatakan perjanjian, peringatan, atau nasihat, dan (4) untuk menyatakan penjelasan, perincian, atau keterangan pada seseorang. Kalimat interogatif yang digunakan terdiri dari delapan jenis, yaitu (1) pertanyaan retorik, (2) pertanyaan menggali, (3) pertanyaan pengetahuan, (4) pertanyaaan pemahaman, (5) pertanyaan penerapan, (6) pertanyaan analisis, (7) pertanyaan sintesis, (8) pertanyaan evaluasi. Jenis kalimat imperatif yang digunakan terdiri dari empat jenis, yaitu (1) kalimat perintah tegas, (2) kalimat perintah biasa, (3) kalimat perintah halus, dan (4) kalimat larangan biasa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (Sri Rahayu Ningsih, 2016)

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJARRNSISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADURNDI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (Lisnawati, 2015)

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Khairani, 2013)

ANALISIS PERUBAHAN LAHAN SAWAH DAN PEMANFAATAN LAHAN BERDASARKAN TATA RUANG DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (chairi akmal, 2016)

INSEKTA YANG MENGUNJUNGI TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUM L) DI KAWASAN LAMREUNG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Azahri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy